Rekomendasi

Polisi Bekuk 6 Tersangka Pengedar Sabu dan Ekstasi di Wilayah Solo Selama Sepekan

Kamis, 09 Januari 2020 : 16.52
Published by Hariankota
SOLO - Selama sepekan, jajaran Satuan Reserse Narkoba (Sat Res Narkoba) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta, berhasil mengamankan sejumlah paket narkoba berupa shabu seberat 1,207 gram dan 50 butir pil inex dari tangan 6 tersangka.

Menurut keterangan Kapolresta Surakarta, Kombes Andy Rifai, keenam tersangka yang kini diamankan ialah berasal dari kelompok dan jaringan yang berbeda dan ditangkap di sejumlah lokasi di wilayah hukum Polresta Surakarta.

Pada 1 Januari lalu, polisi meringkus dua orang kurir, yakni Sinta Ajeng Rimawan (24) warga Kecamatan Banjarsari, Surakarta dan Anita Sulistyorini (25) warga Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Keduanya ditangkap petugas di kawasan simpang empat Banyuanyar RT 004 RW 008, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Surakarta.

"Kami telah mengamankan tersangka Sinta Ajeng Rimawan alias Sinta dan Anita Sulistyorini beserta barang bukti 19,30 gram sabu. Kedua orang ini perannya adalah sebagai kurir," terang Kombes Andy Rifai kepada wartawan, saat konferensi pers di Mapolresta Surakarta, Kamis (9/1/2020) siang.

Seorang tersangka lain, yakni Sutono (38) alias Tono warga Kecamatan Banjarsari, Surakarta yang merupakan seorang pengedar, juga berhasil diamankan pada 6 Januari, saat sedang berada di pinggir jalan yang terletak di Busukan RT 001 RW 027 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Surakarta.

Terhadap tersangka ini, polisi melanjutkan penggeledahan di sebuah rumah yang terletak di Wonolaban RT 05 RW 23, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

"Tersangka Sutono alias Tono yang merupakan seorang pengedar. Dimana dari tangan tersangka ini, kami bisa mengamankan 1,49 ons sabu dan 50 butir pil ekstasi (inex)," tambahnya.

Sedangkan tiga tersangka lain, yakni Mustika Intan Permadani (25) warga Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo dan seorang residivis bernama Heru Nur Setyo (37) warga Kecamatan Baki, Sukoharjo.

Satu tersangka lagi, yaitu Yusuf Alqor Dawi (34) warga Kecamatan Kemusu, Boyolali. Ketiga tersangka ini pun diringkus polisi pada 6 Januari, saat berada di salah satu hotel, di Jalan Dr. Rajiman, Kelurahan Penumping, Surakarta.

"Kami juga sudah mengamankan tersangka Mustika Intan Permadani, Heru Nur Setyo dan Yusuf Alqor Dawi. Dari ketiga tersangka ini kami mengamankan 0,28 gram sabu. Sehingga total keseluruhan barang bukti yang bisa kita amankan, untuk sabu kurang lebih 1,207 ons. Kemudian untuk pil ekstasi 50 butir," pungkasnya.

Selain mengamankan sejumlah paket barang bukti tersebut, sejumlah barang bukti lain di antaranya berupa kendaraan serta telepon genggam dari para tersangka juga turut diamankan petugas.

Para tersangka, terbukti melakukan tindak pidana melawan hukum dan melanggar pasal 114 ayat 2 juncto pasal 132 subsider pasal 112 ayat 2 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 4 tahun hingga paling lama 20 tahun dan pidana denda hingga sepuluh miliar rupiah.

Jurnalis : Kacuk Legowo

Editor : Kadek Arya Wiguna

Share this Article :