Rekomendasi

Sampah Menumpuk di Kali Buntung, Walikota Jogja Harus Tanggung Jawab

Senin, 06 Januari 2020 : 21.16
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto dari fraksi PDI Perjuangan mengatakan bahwa banyaknya sampah yang menumpuk sungai Kalibuntung yang ada di kecamatan Jetis Jogja juga bagian tanggungjawab walikota.

"Walikota harus turun tangan dan bertanggung jawab terhadap keadaan sungai yang ada di wilayahnya apalagi saat ini sedang rawan bencana banjir dan longsor.

Kali Buntung perlu penanganan serius," papar Ketua komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, saat kunjungan kerja ke kecamatan Jetis Yogyakarta, Senin (6/1/2020).

"Kita lihat tadi talud sudah rusak dan hal ini dapat mengancam keselamatan warga. Demikian juga sampah, perlu pengelolaan yang lebih serius dari Pemda", imbuh politisi muda PDI Perjuangan ini.

Eko Suwanto mengharapkan perhatian yang serius dari Walikota Yogyakarta terkait masalah sungai dan sampah ini, dan untuk segera diambil tindakan.

"Bencana banjir ini akan mencoreng citra Jogja sebagai kota budaya dan ini pak walikota harus bekerja keras karena sampah yang ada mengganggu aliran alir dan dapat mengganggu kesehatan", tegas Eko Suwanto.

Sementara Wakil ketua Komisi A Suwardi juga menekankan bahwa koordinasi antar sektor sangat diperlukan.

"Peralatan komunikasi antar petugas juga harus diaktifkan, misalnya alat CCTV yang terpasang di pinggir sungai sehingga dapat terpantau jika ada yang membuang sampah di kali, serta alat komunikasi lainnya", tutur politisi partai Golkar ini.

Sedangkan Camat Jetis Sumargandi dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa Kecamatan Jetis dilalui oleh tiga sungai yakni sungai Code sungai Winongo dan kali Buntung.

Sehingga memang menjadi rawan bencana banjir dan tanah longsor sepanjang sungai. Camat berharap dukungan Pemda DIY dalam misi penanggulangan bencana khususnya bagi warga disekitar sungai yang ada.

"Kita dari komisi A 100% memberikan dukungan penganggaran untuk mendukung Pemda DIY membantu Pemkot memperbaiki sarana dan prasarana guna mendukung terwujudkan sungai yang asri, bersih dan aman bagi warga.

Semua pihak juga harus punya komitmen kuat mendukung program penanggulangan bencana ini", ujar Eko Suwanto yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Gunadi

Share this Article :