Rekomendasi

Srikandi Krido Tandai Peresmian Gedung Baru DPRD Sukoharjo

Selasa, 07 Januari 2020 : 06.42
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dua dalang kondang Ki Anom Suroto yang terkenal dengan 'antawecana'-nya (olah suara mantap) dan adiknya Ki Bagong Darmono, menandai peresmian gedung baru DPRD Sukoharjo di Kelurahan Mandan, Sukoharjo Kota, Senin (6/1/2020) malam.

Pantauan hariankota.com, antusiasme masyarakat yang datang tak surut meski lokasi sempat diguyur hujan. Bersama tamu undangan lainnya, mereka tetap bertahan menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang mengambil lakon Srikandi Krido.

Diceritakan dalam lakon yang dimainkan dengan dua dalang sekaligus ini, bahwa dalam kehidupan berbangsa bernegara harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali peran wanita.

Inti dari cerita adalah dimana Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan dan mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaiannya tersebut didapat ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya.

Namun sayang, dalam membina mahligai perkawinannya dengan Arjuna, Dewi Srikandi tidak memperoleh keturunan seorang putra.

Meski begitu, ia menjadi suri teladan prajurit wanita, bahkan bertindak sebagai penanggung jawab menjaga keselamatan dan keamanan Kasatrian Madukara dengan segala isinya.

Syahdan dikisahkan dalam perang Bharatayudha, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Seta, kesatria Wirata yang telah gugur. Ia harus menghadapi Bisma, senapati agung bala tentara Kurawa.

Dengan panah andalannya Hrusangkali, Dewi Srikandi berhasil menewaskan Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, putri Prabu Darmahambara, raja Negara Giyantipura, yang dendam kepada Bisma.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang hadir bersama istri, Etik Suryani melakukan pengguntingan rangkaian bunga melati dan meninjau gedung disertai seluruh pejabat Pemkab, anggota DPRD, dan jajaran pimpinan Forkopimda.

"Semoga dengan dengan gedung baru ini akan lebih memacu kinerja dewan sebagai wakil masyarakat, dan dapat bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo," ucap Bupati.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :