Rekomendasi

Warga Sragen Temukan Benda Mirip Fosil Gading Gajah Purba

Senin, 27 Januari 2020 : 17.56
Published by Hariankota
SRAGEN - Giyono (45) warga dukuh Bonagung, kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, menemukan  benda yang diduga merupakan fosil.

Benda yang menyerupai fosil gading gajah purba berukuran besar itu ditemukan Giyono saat mencangkul di ladang miliknya.Temuan tersebut, sontak membuat warga sekitar geger.

Menurut Giyono, saat itu, dia sedang mencangkul ladang miliknya yang akan ditanami jagung. Saat itu, cangkul Giyono menyentuh benda keras. Giyono lagsung mengentikan aktifitasnya tersebut.

“ Saya langsung memeriksa benda keras yang  kena cangkul tersebut. Setelah saya gali, ternyata bukan batu, tapi benda menyerupai fosil yang cukup panajang dan mirip gading gajah purba. Temuan itu, langsung saya bawa pulang ke rumah,” katanya, Senin (27/01/2020).

Dijelaskannya, sesampainya di rumah, benda yang diduga gading purba tersebut, memiliki panjang 4 meter. Mengetahui adanya temuan benda yang diduga berasal dari zaman purba tersebut, Kapolsek Tanon, AKP Heru Budiharto bersama tim langsung menuju ke lokasi rumah Giyono untuk melakukan pengecekan.

Kapolsek Tanon, AKP Heru mengatakan untuk sementara benda yang diduga fosil gading itu masih diamankan di rumah Giyono. Menurut Kapolsek, temuan tersebut telah dilaporkan ke Balai Pelestarian Museum Purbakala Sangiran, untuk dilakukan penelitian.

" Benda yang ditemukan tersebut masih diamankan. Belum bisa dipastikan apakah benda tersebut fosil gading gajah zaman purba atau tidak. Untuk  memastikan apakah itu benar fosil gajah purba,  tim dari Balai Museum Sangiran akan mengecek ke lokasi dan melakukan penelitian," ujar  Kapolsek, senin (27/01/2020).

Sebagaiamana diketahui, di Dusun Bonagung, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen,  sering ditemukan benda peninggalan purbakala. Seperti penemuan mani gajah purba yang telah mengeras. Mani gajah purba ini, oleh warga kemudian dijadikan batu akik bernilai jual tinggi hinga mencapai jutaan rupiah.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Jumali


Share this Article :