Rekomendasi

Waspada Virus Corona Baru, Bandara Adi Soemarmo Pantau Thermal Scan

Senin, 27 Januari 2020 : 15.17
Published by Hariankota
BOYOLALI - Sebuah alat pemindai suhu tubuh "Thermal Scan" terpasang di gate imigrasi Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali. Alat tersebut sudah aktif sejak lama, sebelum maraknya pemberitaan penyebaran virus Corona baru dari Wuhan, China.

Pantauan hariankota.com, mengingat Bandara Adi Soemarno membuka rute penerbangan Solo - China,  oleh karenanya kewaspadaan tinggi dalam memantau operasional alat dilakukan sebagai langkah antisipasi masuknya virus yang disebut - sebut belum ada obat penangkalnya ini.
Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Goentoro, Senin (27/1/2020) menyampaikan, berdasarkan hasil proses scan terhadap seluruh penumpang penerbangan internasional yang tiba di bandara, khususnya dari China, masih menunjukkan nihil.

“Belum ada temuan indikasi pendatang yang terjangkit virus masuk ke Solo. Namun tetap dipantau sesuai prosedur. Tidak (belum) ada penumpang yang berpotensi virus Corona,” kata Goentoro.

Dijelaskan, alat Thermal Scan berfungsi untuk mengetahui suhu tubuh semua penumpang yang datang dari luar negeri. Alat pindai yang dilengkapi kamera CCTV dan LCD monitor itu, keberadaannya merupakan tupoksi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai upaya pencegahan masuknya virus menular.

Sesuai prosedur yang ditetapkan, jika terdapat penumpang yang terindikasi terpapar virus Corona baru, maka akan segera diambil langkah isolasi dan dibawa ke rumah sakit rujukan yang bekerjasama dengan KKP.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :