Rekomendasi

Antisipasi Pohon Tumbang, Pohon Di Jalan Utama Mulai Dipangkas

Kamis, 06 Februari 2020 : 14.43
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Mengantisipasi terjadinya pohon tumbang saat musim penghujan, pohon yang menjadi paru-paru kota dan  berada di jalur utama kota Karaganyar, mulai dippangkas  ranting serta daunnya yang mulai rimbun. 

Disisi lain, ranting dan daun pohon yang rimbun ini, berdasarkan pantauan hariankota.com, sempat menutupi rambu dan penunjuk jalan yang berada di sekitar Taman Pancasila.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPR) Edy Sriyatno, kepada hariankota.com,mengatakan,  pohon yang saat ini telah berusia lebih dari 25 tahun tersebut, saat ini mulai rimbun.

Untuk mengantisipasi beragai kemugkinan yang terjadi, menurutnya, harus dilakukan pemangkasan, terutama daun dan ranting .
Dijelaskannya, jika daun dan ranting yang telah rimbun ini dibiarkan, dikhawatirkan akan roboh dan menimpa para pengguna jalan.

“Saat ini kan musim penghujan. Untuk mengantisiapasi hal-hal yang akan terjadi, kita lakukan pemangkasan.  Pohon peneduh yang berada di sepanjang  Jalan Lawu, kawasan Alun-Alun Karanganyar dan Taman Pancasila menjadi fokus utama dalam  pemangkasan,” katanya, Kamis (06/02/2020).

Ditambahkannya, Pemangkasan itu juga untuk mengendalikan pertumbuhan akar yang semakin meluas hingga ke jalan. Jika daun dan ranting dipangkas, ujarnya, maka dapat mengendalikan pertumbuhan akar, sehingga tidak menjalar kemana-mana.

"Setiap hari kita lakukan pemangkasan. Mulai dari jalan utama kota Karanganyar, hingga ke Palur yang berada di Desa Ngringo, kecamatan Jaten. Di jalur ini, sangat banyak pohon yang mulai rimbun. Dengan demikian, pengguna jalan juga merasa aman dan tidak perlu khawatir jika tertimpa ranting atau pohon yang tumbang saat terjadi angin kencang,” pungkasnya.

Reporter: Iwan iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi


Share this Article :