Rekomendasi

Bawaslu Sukoharjo Temukan 8 Calon Anggota PPK Terindikasi Anggota Parpol

Jumat, 07 Februari 2020 : 18.12
Published by Hariankota

SUKOHARJO – Sebanyak 8 calon anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo yang lolos seleksi tes tertulis, oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo dinyatakan terindikasi anggota partai politik (parpol).

Informasi yang didapat hariankota.com, temuan itu oleh Bawaslu Sukoharjo telah dilaporkan kepada KPU Sukoharjo dalam bentuk rekomendasi agar segera ditindaklanjuti.

Temuan didapat setelah KPU Sukoharjo mengumumkan hasil tes tertulis perekrutan calon anggota PPK pada 3 Februari lalu. Dari 200 peserta yang mengikuti tes tertulis, hanya 119 peserta yang dinyatakan lolos seleksi tes tertulis. 

Mereka, masing-masing terbagi 10 peserta mewakili 12 kecamatan untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara di Kantor KPU Sukoharjo pada 8 Februari-10 Februari. 

Oleh Bawaslu dilakukan pencermatan dan penelitian rekam jejak dan latar belakang para calon anggota PPK ini menggunakan Sipol (sistem informasi partai politik).

"Setelah hasil pencermatan disinkronkan dengan tanggapan masyarakat. Kami menemukan ada delapan calon anggota PPK yang terindikasi anggota partai. Sesuai regulasi, anggota partai dilarang menjadi anggota PPK atau petugas penyelenggara pemilu,” kata Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto, Jum'at (7/2/2020).

Semula jumlah calon anggota PPK yang diduga merupakan anggota parpol sebanyak 10 orang. Namun oleh KPU Sukoharjo, dua diantaranya sudah dicoret saat penelitian berkas administrasi. 

Diketahui kedua peserta itu mantan calon legislatif (caleg) parpol pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu.

"Hasil pencermatan calon anggota PPK ini telah kami kirim ke KPU agar segera ditindaklanjuti. Harapannya, calon anggota PPK memiliki integritas dan kapasitas dalam konteks penyelenggara pemilu," ujarnya. 

PPK kata Bambang, menjadi garda terdepan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo. Masyarakat bisa ikut memantau dan mengawasi proses rekrutmen 60 calon anggota PPL yang dilaksanakan secara terbuka untuk menjamin transparansi kepada publik.

Menanggapi temuan itu, Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Suci Handayani, saat dikonfirmasi membenarkan telah menerima rekomendasi hasil pencermatan Bawaslu Sukoharjo.

"Kami telah menindaklanjuti rekomendasi itu, untuk kembali mencermati rekam jejak setiap calon anggota PPK yang lolos tes tertulis. Sebagian sudah ditindaklanjuti,” tutupnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :