Rekomendasi

Berkostum Batman, Warga Sukoharjo Ini Redam Keresahan Tentang Virus Korona

Jumat, 07 Februari 2020 : 19.08
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Aksi tunggal turun ke jalan dilakukan seorang warga Sukoharjo untuk meredam kekhawatiran masyarakat atas wabah virus Korona asal Wuhan, Tiongkok yang telah menjangkit ke beberapa negara.

Dibantu istrinya yang akrab dipanggil Pipit,  Agus Widanarko penyuluh P4GN Sukoharjo, berkostum ala Batman melakukan sosialisasi membagikan informasi dalam bentuk pamflet tentang asal mula virus Korona dan cara pencegahannya.

"Berita tentang penyebaran virus ini tak bisa dipungkiri telah membuat masyarakat was - was dan resah. Mereka banyak yang tidak paham karena terpengaruh isu atau berita hoax," kata Danar di tengah aksinya di simpang empat The Park, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jum'at (7/2/2020).

Kepada hariankota.com, Danar mengaku tergerak membantu Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk mengedukasi masyarakat agar tak panik. Ia sengaja menggenakan kostum Batman yang identik dengan kelelawar. 

Informasi yang telah tersebar luas melalui media sosial (medsos), selama ini disebutkan bahwa sumber virus Korona berasal dari kelelawar yang dijadikan santapan kuliner ekstrim. Padahal itu baru dugaan.   

"Meski sumber virus dari kelelawar itu belum tentu benar, tapi setidaknya melalui informasi seperti ini, masyarakat mudah - mudahan paham dan sadar untuk tidak sembarangan menyantap daging hewan liar, atau menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak higineis," tuturnya.

Dengan memegang papan himbauan, Batman Danar berdiri di zebra cross saat lampu lalu lintas menyala merah untuk beberapa waktu. Sedangkan istrinya membantu membagi - bagikan pamflet kepada pengguna jalan yang kebetulan berhenti menunggu lampu pengatur lalu lintas menyala hijau.   

Aksi unik bagi - bagi pamflet sebanyak 500 eksemplar ini tak urung mengundang perhatian sejumlah pengguna jalan di kawasan pusat bisnis yang dikenal selalu ramai dengan aktifitas warga.  

Salah satu pengendara sepeda motor yang mengaku bernama Sandra, warga Nguter, Sukoharjo mengapresiasi aksi sosialisasi tentang virus Korona yang dilakukan Danar. Ia sangat senang karena mendapat pencerahan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Selama ini, saya dan beberapa teman masih dibingungkan dengan informasi yang beredar di medsos. Macem - macem infonya. Ada yang mengatakan kelelawar, ada juga yang menyebut ular. Jadi dengan pamflet informasi yang dibagikan ini masyarakat mendapat pencerahan," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis; Sapto Nugroho
Editor; Gunadi


Share this Article :