Rekomendasi

Cerita Hotman Paris Diberi Nama 'Gus' oleh KH. Salahuddin Wahid

Senin, 03 Februari 2020 : 18.00
Published by Hariankota
JOMBANG - Di antara sejumlah tokoh yang hadir di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng Jombang, ada sosok pengacara kondang Hotman Paris Hutapea yang hadir.

Hotman yang hadir dengan setelan kemeja putih yang dibalut jas necis berwarna coklat krem serasi dengan dasinya yang berwarna sama.

"Beliau inilah tokoh - tokoh yang perlu hadir mempersatukan bangsa dan negara," ujar Hotman Paris Hutapea ditemui di area Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Senin siang (3/2/2020).

Menurut Hotman, ada hubungan yang unik, yang tidak bisa dilupakannya dengan almarhum Gus Sholah. "Saya lah putra Batak pertama yang diundang ke pesantren ini, untuk memberikan ceramah, karena beliau lebih mementingkan mengasih motivasi untuk anak didiknya yang masih muda-muda. Mereka menganggap saya sudah sukses jadi disuruh berbagi pengalaman," cerita Hotman.

Tak hanya berceramah, Hotman bahkan berujar cucu pahlawan nasional Kyai Wahid Hasyim ini juga memberikannya gelar Gus didepan namanya.

"Dan waktu itu saya dikasih gelar gus oleh beliau (KH. Salahuddin Wahid). Makanya nama saya batak pertama yang Gus Hotman," ujar Hotman sambil tersenyum.

Selain gelar nama Gus, Hotman juga pernah dikasih gelar nama Lora oleh pengurus Ponpes Lirboyo Kediri, setelah dirinya memberikan materi motivasi di Ponpes tersebut.

"Kemarin saya juga ada Lora dikasih PBNU, waktu saya diundang ceramah di Lirboyo Kediri. Nama saya dikasih gus, jadi Gus Lora Hotman Paris," tuturnya.

Sebagai informasi, cucu pendiri Nahdatul Ulama sekaligus putra pahlawan nasional Kyai Wahid Hasyim, KH. Salahuddin Wahid menghembuskan nafas terakhir di usia 78 tahun pada Minggu malam sekitar pukul 21.00 WIB, serelah menjalani perawatan di RS Harapan Kita Jakarta.

Ulama dan cendekiawan yang juga adik Presiden Ke-4 Republik Indonesia KH. Abdurrahman Wahid ini rencananya akan dimakamkan di kompleks Ponpes Tebu Ireng pada Senin sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelum dimakamkan rencananya, jenazah Gus Sholah akan disalatkan dan disemayamkan di masjid kompleks Ponpes Tebu Ireng selama dua jam.


Reporter: Miadaada
Penulis : Miadaada
Editor: Jumali



Share this Article :