Rekomendasi

Dampak Wabah Virus Distemper, Pedagang Kucing di Pasar Depok Solo Resah

Sabtu, 01 Februari 2020 : 19.35
Published by Hariankota

SOLO - Wabah virus distemper atau panleukopenia diresahkan oleh sejumlah pedagang kucing peliharaan di Pasar Burung Depok, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo. 

Terlebih dengan sudah adanya temuan sebanyak 27 ekor kucing peliharaan milik warga yang mati mendadak di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, beberapa waktu lalu.

Munculnya wabah virus distemper ini, oleh Mulyanto (39), salah satu penjual kucing peliharaan di pasar tersebut, diakuinya berdampak terhadap sepinya pengunjung serta menurunnya penjualan kucing di kiosnya. 

Disebutkan Mulyanto, sejumlah stok kucing jenis persia dan anggora miliknya, bahkan sudah selama sepekan ini tidak terjual.

"Saat ini warga juga ada yang khawatir membeli kucing, karena ditakutkan mati terkena virus distemper. Biasanya lima ekor bisa terjual dalam lima hari. Tapi ini sudah sepekan belum seekor pun yang terjual," kata Mulyanto saat ditemui, Sabtu (1/2/2020).

Virus distemper atau panleukopenia, menurut Mulyanto, sudah menjadi penyakit musiman. Dimana virus ini dikatakannya, mudah menyebar saat musim penghujan seperti saat ini.

"Tidak hanya sepi pembeli, sejak mewabahnya virus distemper, saat ini sulit juga mendapatkan kucing untuk dijual lagi di sini," imbuhnya.

Namun begitu, Mulyanto mengatakan, dampak adanya wabah virus distemper atau panleukopenia untuk sementara ini, belum mempengaruhi terhadap harga jual kucing di kios miliknya.

Sementara itu, penjual kucing peliharaan lainnya di pasar yang sama. Winarjo (47) mengatakan, untuk mengantisipasi agar kucing tidak mudah terinfeksi virus distemper. Selain dengan memberi asupan vitamin yang cukup untuk kucing, kebersihan kandang pun menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan.

"Virus ini biasanya menyerang pencernaan. Supaya daya tahan tubuhnya kuat, saya juga memberikan makanan bervitamin. Harus rutin menjaga kebersihan kandangnya juga supaya tidak gampang lembab, dan kucing juga harus rutin dijemur setiap pagi,” jelasnya.

Reporter: Kacuk Legowo
Penulis: Kacuk Legowo
Editor: Mahardika


Share this Article :