Rekomendasi

Gibran : Kompetisi Esports Bukan Kampanye

Sabtu, 01 Februari 2020 : 19.45
Published by Hariankota

SUKOHARJO -  Kompetisi game online Esports yang digelar Gibran Rakabuming Raka dengan tajuk Piala Mas Gibran beberapa waktu lalu di Kota Solo, sukses mendatangkan ratusan peserta.

Namun dibalik sukses itu, rupanya juga menuai tudingan bahwa even yang diikuti peserta anak - anak muda pengguna gadget tersebut berbau kampanye menjelang Pilwakot Solo.

Tak dipungkiri, saat ini Gibran secara luas diketahui publik berkeinginan maju menjadi calon Walikota Solo melalui PDI Perjuangan. Maka tak heran jika even itu dinilai merupakan bentuk kampanye terselubung.

Tak surut semangat, untuk kali kedua even serupa digelar Gibran selama dua hari, Sabtu - Minggu (1-2/2/2020), namun tidak di Kota Solo. Lokasinya di Sukoharjo, tepatnya di The Park mall Solo Baru, Grogol.

"Saya berharap nanti bisa muncul talenta- talenta baru di Solo. Ini acara bukan kampanye. Kalian mau mendukung saya silahkan, tidak mendukung juga ndak masalah. Yang penting disini kita have fun saja," kata Gibran saat membuka kompetisi.

Pantauan hariankota.com, dalam even bertitel Piala Mas Gibran Mobil Legendas Esports Competition (MLEC) ini, Gibran yang hadir bersama adiknya, Kaesang Pangarep menyatakan, berbeda dengan even yang sebelumnya di Kota Solo.

Jika di Piala Mas Gibran Desember lalu kompetisinya adalah game Esports Free Fire, di even Esport kedua ini yang dikompetisikan adalah game yang lebih popular yaitu, Mobile Legend.

"Ndak apa - apa diselenggarakan dalam waktu yang berdekatan. Ya, biar kotanya tambah rame saja," jawab Gibran saat ditanya alasan menggelar even yang sama dalam rentang waktu berdekatan.

Gibran pun menyebut, bahwa ia sudah sering menyelenggarakan kompetisi Esports di Jakarta. Hanya saja untuk tiap kota (Solo dan Sukoharjo-Red) disebutkan namanya beda. Menyesuaikan dengan jenis game yang dikompetisikan.

"Kami tidak memulai (even) dari Solo, tapi mulainya di Jakarta. Yang support (sponsor-Red) kebanyakan dari perusahaan - perusahaan kami sendiri. Ya, dari luar juga ada," ujar Gibran saat jumpa pers.
   .  
Hampir sama dengan even sebelumnya yang digelar selama dua hari, untuk kompetisi kali ini, Gibran mengatakan jumlah peserta yang mendaftar ada 568. Mereka akan saling adu kepiawaian bermain game online.

Ditanya tentang hadiah, Gibran tidak secara terbuka menyebut nominal maupun bentuknya. Namun ia mengatakan hampir sama dengan even sebelumnya. 

Di even sebelumnya hadiah sang juara pertama adalah Mobil Daihatsu Ayla dan sejumlah uang.

Pada kesempatan ini, sebelum beranjak sejumlah awak media sempat bertanya kepada Gibran terkait dinamika menjelang Pilwakot Solo. Namun Ayah  Jan Ethes Srinarendra ini enggan menanggapi.

"Enggak, di mall kok (bicara) politik," jawabnya singkat.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Kadek Arya Wiguna


Share this Article :