Rekomendasi

Hadiri Solo Great Sale 2020, Teten Masduki : Memakai Produk UMKM Itu Keren

Minggu, 02 Februari 2020 : 17.24
Published by Hariankota

SOLO - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki, dalam kunjungannya di Solo saat menghadiri acara pembukaan Solo Great Sale (SGS) 2020 yang bertempat di area Car Free Day (CFD) di kawasan simpang empat Ngarsopuro, Minggu (2/2/2020) pagi. 

Mengajak masyarakat untuk bangga memakai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Solo Great Sale, menurut Teten, juga dikatakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan demand produk unggulan UMKM yang ada saat ini.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk menaikkan demand terhadap produk UMKM. Memakai produk lokal UMKM itu keren," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Teten juga mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Solo sebagai salah satu kota pariwisata di Indonesia.

"Daripada wisata ke luar negeri lebih baik wisata ke Solo" imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta, Gareng Sri Haryanto menyampaikan jumlah merchant atau tenant yang berpartisipasi pada SGS tahun ini mengalami peningkatan, bahkan melampaui target.

"Merchant Solo Great Sale tahun ini meningkat. Dari tujuh ribu tenant menjadi lebih dari delapan belas ribu. ungkap Gareng.

Lebih lanjut, Gareng menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta yang dinilai telah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan SGS ini. Salah satunya, yakni dengan pengurangan pajak hotel sebesar 30%.

Sementara itu, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, dalam kesempatan itu, mengajak masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional.

"Tahun lalu, hadiah utama jatuh pada warga masyarakat yang berbelanja di pasar tradisional. Target yang di sampaikan oleh Ketua Kadin Surakarta, sebesar 700 miliar biasanya melebihi dari target yang dicanangkan. Oleh karena itu mohon dukungan dari seluruh warga masyarakat untuk mensukseskan SGS," tandas Rudy.

SGS ini, juga disebutkan telah menggunakan aplikasi berbasis android yang dapat di download melalui aplikasi Playstore dengan nama "Solo Sale".

Selain dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM RI. Opening Ceremony Solo Great Sale 2020 yang mengangkat tema "Belanja Senang, Senang Belanja" ini, turut dihadiri pula oleh sejumlah pejabat terkait seperti Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Wakil Walikota Surakarta, Muspida Kota Surakarta dan Jajaran OPD Pemerintah Kota Surakarta.

Adapun Solo Great Sale (SGS) ini sendiri digelar pada tanggal 1 hingga 29 Februari 2020, dengan menampilkan sejumlah produk unggulan UMKM.

Reporter: Kacuk Legowo
Penulis: Kacuk Legowo
Editor: Rahayuwati

Share this Article :