Rekomendasi

Kejari Sukoharjo Temukan Aset Tersangka Korupsi Jiwasraya, Ini Penjelasannya

Rabu, 05 Februari 2020 : 19.19
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo, melakukan penelusuran aset tersangka korupsi PT Asuransi Jiwasraya, Beny Cokro Saputro di sejumlah tempat, tepatnya di wilayah Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Informasi yang didapat hariankota.com, dari penelusuran itu ditemukan ada tujuh aset berupa tanah tanpa bangunan tersebar di dua desa yang diduga pemiliknya adalah Beny.

“Saat ini kami masih melakukan pendalaman lebih lanjut. Dalam hal ini, kami membantu Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melakukan penelusuran aset tersangka di Sukoharjo,” terang Kasi Intel Kejari Sukoharjo, Yoanes Kardinto, Rabu (5/2/2020).

Dari tujuh sertifikat tanah yang ditemukan yakni, di Desa Cemani dan Desa Gedangan, baru satu yang sudah teridentifikasi sebagai aset pribadi tersangka Beny Cokro.

"Untuk aset lainnya, salah satunya yang ada di Desa Cemani, sudah menjadi aset (berganti nama) milik sebuah pabrik tekstil batik," paparnya.

Kewenangan penanganan perkara, ditegaskan Yoanes memang di Kejagung. Namun begitu pihak Kejari Sukoharjo juga melakukan langkah antisipasi kemungkinan terjadinya pengalihan aset milik tersangka.

Camat Grogol Bagas Windaryatno saat dikonfirnasi, membenarkan adanya kegiatan verifikasi aset di wilayahnya yang disinyalir milik tersangka korupsi perusahaan asuransi milik BUMN tersebut.

"Proses verifikasi dilakukan antara Kejaksaan, Badan Pertanahan Negara (BPN), serta Pemerintah Desa setempat. Dari verifikasi ditemukan satu aset atas nama Beny Cokro Saputro di Desa Cemani.
“Aset yang ada di Cemani sudah diverifikasi, namun sudah menjadi jalan raya sehingga menjadi milik negara,” sebut Bagas.

Untuk temuan aset lain, Bagas mengaku setelah dilakukan verifikasi beberapa aset tersebut hanya satu aset saja yang teridentifikasi atas nama Beny Cokro.
"Untuk aset-aset lainnya, atas namanya sudah ganti. Salah satunya pabrik tekstil batik itu," tutupnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :