Rekomendasi

Klaim Kantongi 37.500 e-KTP, Pasangan Independen Bagyo Wahyono - FX Suparjo Optimis Lolos Verifikasi Maju di Pilkada Solo

Sabtu, 08 Februari 2020 : 20.53
Published by Hariankota

SOLO - Pasangan Bakal Calon Walikota dan Bakal Calon Wakil Walikota Solo dari jalur Independen Bagyo Wahyono - FX Suparjo (Bajo) menyampaikan, pihaknya telah siap untuk ikut maju di Pilkada Solo 2020.

Pasangan tersebut, bahkan mengaku telah siap pula untuk bersaing dengan Bakal Calon Walikota Solo dari PDI-P, Gibran Rakabuming Raka maupun Achmad Purnomo.

Keseriusan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Suparjo untuk maju di Pilkada Solo 2020 dari jalur independen itu, disampaikan Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bajo, Budi Yuwono saat menggelar konferensi pers, di Solo Bistro, Kecamatan Serengan, Solo, pada Sabtu (8/2/2020).

Pihaknya mengklaim siap mengantongi 70 ribu dukungan masyarakat dalam bentuk e-KTP yang akan diserahkan kepada KPU Kota Solo pada 21 Februari mendatang. Sebagaimana syarat dukungan harus sudah diserahkan pada tanggal 19 hingga 23  Febuari 2020.

"Sesuai peraturan KPU kami telah mengumpulkan dukungan warga Kota Solo. Sampai saat ini, kami telah mengumpulkan 37.500 e-KTP atau 104,33 persen. Dukungan tersebut tersebar di lima kecamatan Banjarsari 8.820, Jebres 10.163, Laweyan 6.031, Pasar Kliwon 7.889 dan Serengan 4.519," ungkapnya kepada wartawan.

Dia menambahkan, pihaknya pun berharap KPUD dan Panwas Surakarta dapat melakukan tugasnya secara obyektif.

“Syarat dukungan sebanyak 37.500 e-KTP ini masih dalam bentuk offline. Pendaftaran secara online baru dilakukan tanggal 21 Februari ke SILON (Sistem Informasi Pencalonan) KPU Solo," imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi Yuwono mengatakan pihaknya masih memiliki cadangan sekitar 40 ribu e-KTP untuk antisipasi jika masih diperlukan untuk syarat verifikasi lanjutan di KPU Solo.

Sementara itu, Bakal Calon Walikota Solo, Bagyo Wahyono mengatakan, jika selama setahun terakhir pihaknya terus menggalang dukungan door to door kepada masyarakat untuk meminta dukungan, salah satunya dengan sedekah KTP.

"Kemunculan kami sebenarnya bukan tiba-tiba, setahun yang lalu kami sudah mewacanakan pencalonan independen ini. Kami terus menggalang dukungan dari bawah. Bersama tim, kami door to door turun ke masyarakat, untuk sekaligus meminta doa restu dan sedekah KTP,"  terangnya.

Dukungan kepada pasangan independen ini, sebelumnya juga diklaim Ketua Panji Hati Tuntas Subagyo yang menyebutkan sudah masuk silon KPU sekitar 105 persen. 

"Ini tak lepas dari pergerakan relawan yang tergabung dalam barisan Tikus Pithi Hanata Baris. Semuanya tidak ada KTP yang dibeli, tapi murni dukungan masyarakat yang menginginkan perubahan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo mensyaratkan jumlah dukungan calon independen atau perseorangan maju di Pilkada Solo 2020 minimal 8,5 persen suara dari total 421.999 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Solo, Jawa Tengah.

Selain pasangan Bagyo Wahyono dan FX. Supardjo (Bajo), saat ini juga ada dua bakal calon kepala daerah dari jalur independen lainnya yang berniat maju di Pilwakot Solo, yakni Mitah Haliem Hartanto- Ronie Cakranegara (Hero), dan Abah Ali-Gus Amak (Alam).

Reporter: Kacuk Legowo
Penulis: Kacuk Legowo
Editor: Kadek Arya Wiguna


Share this Article :