Rekomendasi

Menpan RB Ingatkan Pentingnya Menata Arsip

Rabu, 26 Februari 2020 : 21.13
Published by Hariankota

SOLO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahtjo Kumolo mengingatkan pentingnya menata arsip yang merupakan catatan penting. Oleh karenanya harus dilakukan penataannya sejak sekarang.

"Sebagai negara yang proses lahir sampai reformasi kemudian masa revolusi semua daerah harus mencatat," kata Tjahtjo saat menghadiri Rakornas Pengawasan Kearsipan di The Sunan Hotel, Solo, Rabu (26/2/2020).

Didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam kesempatan ini Tjahjo memberikan contoh kasus sengketa lahan di Solo yang dipicu lemahnya persoalan arsip yakni, Sriwedari dan Benteng Vastenberg.

"Saat ini baik sampai tingkat desa, semua aset harus dicatat dan jelas pengarsipannya. Di Jakarta gedung hilang lantaran tidak bisa dibuktikan kepemilikannya. Ada sumber yang menggugat dan akhirnya lepas," sebutnya.

Selain membuka kegiatan Rakornas, Tjahjo juga memberikan penghargaan pada beberapa lembaga setingkat kementerian dan pemerintah daerah atas penataan kearsipan yang baik.

Lembaga yang telah melakukan pengarsipan secara baik tersebut diantaranya Kementerian Sosial, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemprov Jawa Tengah dan Pemkot Solo.

Menanggapi atas pemberian penghargaan, Sekjen Kemensos Hartono Laras yang hadir mewakili Menteri Sosial menyampaikan, selama ini di Kemensos RI arsip menjadi dasar pengambilan keputusan cepat dan tepat.

"Sehingga penanganan masalah sosial di masyarakat bisa ditangani lebih cepat," imbuhnya.

Informasi yang didapat hariankota.com, total lembaga yang mendapat penghargaan dalam acara rakornas yang berlangsung selama empat hari, Selasa - Jum'at (25-28/2/2020) ini, ada 103 lembaga.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali


Share this Article :