Rekomendasi

Polisi Ungkap, Empat Anak Bawah Umur Terlibat Pencurian Motor

Selasa, 18 Februari 2020 : 19.28
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Satuan Reskrim Polres Sukoharjo berhasil mengungkap kasus pencurian motor (curanmor) dengan mengamankan tersangka pelaku, empat orang anak bawah umur berinisial AS (14), FFR (14), DAS (14), ketiganya warga Mojolaban, dan JE (14) warga Kota Solo.

Aksi pencurian tergolong nekat itu terbongkar setelah korban, seorang petani berinisial S ( 53) warga Desa Laban, Mojolaban, Sukoharjo,  membuat laporan kepada polisi bahwa telah kehilangan sepeda motor yang diparkir di pematang sawah pada hari Jum'at (14/2/2020) lalu.

Informasi yang didapat, pada hari kejadian itu, empat bocah nekat ini, rupanya tak hanya melarikan satu sepeda motor yang tengah ditinggal pemiliknya beraktivitas disawah, tapi ada tiga unit sepeda motor.  Semua kendaraan tersebut milik petani yang diparkir dipinggir sawah.

"Semua masih sekolah, ketahuannya itu setelah mencuri, mereka mandi di sungai motornya dipakai dan akhirnya ketahuan oleh warga," kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, saat ditemui hariankota.com, Selasa (18/2/2020).

Setelah dilakukan pemeriksaan, empat sekawan ini mengaku melakukan pencurian untuk bersenang - senang. Mereka berencana menjual hasil curian untuk bermain game online di warnet. Adapun gagasan pencurian didapat melalui media sosial.

"Ketiga motor akan dijual dalam kondisi bodong. Bahkan sudah ada yang menawar Rp 500 ribu, tapi mereka  keburu kami amankan. Mengingat ke empat tersangka masih dibawah umur, sehingga tidak dilakukan penahanan. Tapi wajib lapor didampingi orangtua," ujar Kapolres.

Menyinggung tentang proses hukum, Kapolres menyebut dengan cara Diversi, sesuai dalam Pasal 1 angka 7 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA), yakni pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

"Kami menghimbau kepada masyarakat, belajar dari kasus ini supaya melakukan pengawasan kepada anak - anaknya dan memberi pembelajaran tentang agama dan perilaku moral yang baik," tutup Kapolres.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :