Rekomendasi

Puluhan Karung Sampah di Saluran Air, PU dan DLH Tangsel Baru Kerja.?

Sabtu, 08 Februari 2020 : 12.02
Published by Hariankota
TANGSEL - Puluhan karung sampah yang menyumbat saluran air di wilayah Bukit Pamulang Indah (BPI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Hal tersebut terpantau saat Ketua Fraksi PSI, DPRD Kota Tangsel melakukan sidak pada Rabu (5/2/2020) dalam rangka melihat kesiapan pompa air dan drainase Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menghadapi penghujan yang intensitas cukup tinggi.

"Contoh yang saya temui di BPI ini. Harusnya LH siaga urusan sampah dan pemeliharaan SDA dinas PU bisa fokus pada pengerukan lumpur di Tandon Pamulang dan jalur air di sekitarnya," kata Ferdi dalam rilis yang diterima wartawan, Sabtu (8/2/2020).

""Alhamdulillah pompa kondisinya bagus dan bisa beroperasi semua. Saya juga cek saluran-saluran di sekitarnya. Ada puluhan karung sampah yang menyumbat dan sudah  dibersihkan. Kalau sudah begini, rakyat yang dirugikan," tuturnya lagi.

Ferdi menambahkan perlunya koordinasi yang baik antar DLH dan DPU dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, terlebih adanya kejadian musibah banjir yang jelas merugikan warga Kota Tangsel.

"Secara tugas memang berbeda. Namun di lapangan saling berkaitan. Perlu koordinasi yang melekat untuk menyelesaikan masalah sampah dan saluran air," tambahnya.

Kokok Herdhianto Dirgantoro, Bacawalkot Tangsel yang ikut mendampingi Ferdi sepakat bahwa koordinasi adalah unsur penting terciptakan lingkungan yang sehat dengan sampah dan drainase yang terkelola dengan baik. Selain koordinasi, Kokok menyarankan Pemkot punya monitoring system yang melibatkan partisipasi masyarakat.

"Masyarakat dapat memberikan foto dan koordinat di mana ada tempat pembuangan sampah liar dan saluran air yang bermasalah. Dengan demikian Pemkot punya peta permasalahan yang rinci dan bisa melakukan pengolahan data untuk menyelesaikan masalah sampah dan saluran air sesuai kondisi tiap-tiap wilayah," tandasnya.


Reporter: Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :