Rekomendasi

Resmikan Stadion Manahan, Jokowi Berharap Solo Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20 2021

Minggu, 16 Februari 2020 : 01.38
Published by Hariankota
SOLO - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (15/2/2020) malam.

Mengenakan jaket Timnas sepak bola Indonesia,kehadiran Presiden Jokowi di stadion kebanggaan Wong Solo sekira pukul 20.00 WIB itu, tampak didampingi oleh Ibu Negara Iriana dan cucu, Jan Ethes Srinarendra.

"Alhamdullilah, pada malam ini kita semua bisa melihat Stadion Manahan menjadi stadion yang megah setelah direnovasi," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap agar nantinya stadion berskala internasional itu terpilih menjadi venue pertandingan kelas dunia, yang menampilkan banyak pemain bintang pada penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 mendatang.

"Saya juga berharap Stadion Manahan ini bisa terpilih menjadi tempat untuk Piala Dunia U-20 2021. Supaya masyarakat Solo bisa melihat pertandingan dari tim-tim hebat," tambahnya.

Selanjutnya, peresmian Stadion Manahan oleh Presiden Jokowi itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh  di tribun barat stadion.

"Bismillahirrahmanirrahim, dengan memohon rahmat serta ridha Tuhan yang Maha Esa. Pada malam hari ini, saya menyatakan meresmikan Stadion Manahan ini," pungkas Jokowi, disambut apresiasi ribuan pengunjung dan suporter yang juga hadir untuk menyaksikan laga persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung.

Usai melakukan penandatanganan prasasti tersebut, tak lama berselang Presiden Jokowi pun turun menuju lapangan dan menyerahkan bola kepada anak gawang yang berdiri bersama pemain Persis dan Persib. Sejumlah pemain lalu tampak berlari ke berbagai penjuru, dan menendang bola.

Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, pun turut menyampaikan apresiasi atas telah diresmikannya pembangunan Stadion Manahan yang baru melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kami berterima kasih kepada Bapak Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia dan Kementerian PUPR yang telah membantu renovasi stadion ini. Pada hari ini telah diserahkan kepada kami pengelolaan Stadion Manahan yang telah direnovasi ini," kata Rudy.

Lebih lanjut, Walikota Solo itu pun mengajak para suporter di Kota Bengawan untuk tetap menjaga dan merawat stadion tersebut.

"Bersama Pasoepati, kami siap menjaga, merawat, dan mengamankan Stadion Manahan ini dengan sebaik-baiknya," tandasnya.

Usai seremonial peresmian itu, para pemain bersiap masuk ke tengah lapangan untuk memulai laga Persis Solo melawan Persib Bandung yang dimulai pukul 20.30 WIB.

Acara peresmian Stadion Manahan itu pun dihadiri sejumlah menteri maupun pejabat terkait, di antaranya yakni Ketua PSSI Mochamad Iriawan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebagaimana diketahui, Stadion Manahan merupakan satu dari enam stadion yang telah dipilih oleh FIFA untuk menjadi stadion penyelenggara pertandingan Piala Dunia FIFA U20 tahun 2021. Setelah direnovasi sejak Agustus 2018 lalu, Stadion Manahan kini dapat menampung 20 ribu penonton.

Reporter: Kacuk Legowo
Penulis: Kacuk Legowo
Editor: Ferdinan



Share this Article :