Rekomendasi

Ruang Komisi IV Bau Toilet, DBPR Kota Tangsel Kok Diam Aja.?

Jumat, 07 Februari 2020 : 20.43
Published by Hariankota
TANGSEL - Kondisi Gedung DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali mendapat sorotan. Toilet yang bau, atap yang bocor dibeberapa titik, hingga anak tangga yang tampak renggang dari dinding penyangga.

Kali ini, Aji Bromokusumo salah seorang Anggota Komisi IV dari PSI menanggapi bahwa, gedung yang telah menghabiskan uang rakyat hingga Rp. 200 miliar tersebut tidak berkualitas, jika dibandingkan dengan kondisi didalamnya.

"Bangunan yang kualitasnya di bawah standar kok bisa diserahterimakan. Dengan anggaran sangat fantastis sampai Rp. 200 miliar, kualitasnya menjadi sebuah pertanyaan," kata Aji kepada wartawan, Jumat (7/2/2020).

Bukan hanya itu, bau toilet justru paling parah berada di ruang rapat Komisi IV, dimana Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) merupakan mitra komisi tersebut.

"Ironisnya, bocor dan bau toilet tersebut justru paling parah baunya adalah di dalam ruang rapat Komisi IV dimana Dinas Bangunan dan Penataan Ruang adalah salah satu mitra Komisi IV," tutur Aji.

"Dalam rakor evaluasi sudah disampaikan segala macam penjelasan oleh Dinas Bangunan dan Penataan Ruang; dimana sampai tahun berganti, tidak nampak ada perbaikan sama sekali," tambahnya.

Kesal dengan kondisi tersebut, Aji akan mengusulkan pemeriksaan mendalam terhadap bangunan yang baru satu tahun berdiri tersebut.

"Saya akan mengekskalasikan masalah ini lebih jauh dengan mengusulkan untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh lembaga independen yang berkompeten yang dikenal luas memiliki reputasi dan berkompeten bidang keilmuannya," tutup Aji.

Seperti diberitakan sebelumnya, toilet bocor dan bau dikeluhkan beberapa penghuni Gedung DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pasalnya, gedung yang menghabiskan anggaran hingga ratusan milir rupiah tersebut, justru tidak disertai dengan fasilitas yang baik.

"Gedung rakyat masa fasilitas toiletnya kayak begitu (bocor dan bau). Harusnya dirawat dengan baik. Kita menyesalkan sikap bagian maintenance yang merawat fasilitas ini," kata salah seorang Staf, Azmi kepada wartawan.

Pantauan di gedung DPRD kota Tangsel, toilet langsung ditutup oleh pihak penanggung jawab toilet DPRD dan diberi keterangan rusak.


Reporter: Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Gunadi

Share this Article :