Rekomendasi

Sambangi PLUT Sukoharjo, Menkop dan UKM Apresiasi Keberadaan GP3D

Minggu, 02 Februari 2020 : 20.30
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) harus lebih berwibawa dengan mendorong 
terwujudnya sentra produksi dan sentra pemasaran untuk UMKM di daerah.

Hal itu disampaikan Teten saat melakukan kunjungan ke Kantor PLUT KUMKM Sukoharjo yang berlokasi di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Graha Wijaya, Sukoharjo, Minggu (2/2/2020). 

"Sentra produksi ini nantinya yang akan mengkonsolidasi brand, mengkonsolidasi dari usaha kecil menjadi agak besar. Lalu juga dapat mengkonsolidasi perijinan, penjualan dan lain sebagainya," kata Teten.

Untuk sentra pemasaran, Teten di hadapan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang hadir menyambut, mengapresiasi keberadaan GP3D yang difungsikan untuk mempromosikan produk UMKM. Hanya saja masih sepi pengunjung.

"Setiap daerah (memang) harus ada. Ini sudah bagus, cuma mungkin ini perlu kerja sama dengan konsultan retail. Sekarang untuk manajemen (pengelolaan) itu memang harus ahli betul," ujarnya. 

Dicontohkan Teten, dari hasil pertemuannya dengan asosiasi pengusaha mall, saat ini kecenderungan mall di Jakarta itu sepi karena orang banyak yang berubah berbelanja dengan cara online. 

"Sekarang itu saya jadi tahu, fungsi mall harus empat yaitu, belanja, rekreasi, makan dan tempat jalan - jalan atau untuk nongkrong anak - anak muda," katanya. 

Pantauan hariankota.com, dalam kesempatan ini Teten memberi masukan agar GP3D Sukoharjo bisa ramai menarik pengunjung,  PLUT Sukoharjo disarankan meniru empat fungsi seperti yang dilakukan sejumlah mall. 

"Jadi harus ada yang menarik, misalnya soal makanan. Tadi saya makan ayam goreng Mbah Karto ternyata enak sekali, kalau Mbah Karto jualan disini pasti menarik. Nggak usah yang lainnya," ucap Teten.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Kadek Arya Wiguna





Share this Article :