Rekomendasi

Sempat Dikeluhkan Karena Lahan Parkir Semrawut, Pasar Sidodadi Akhirnya Diresmikan

Sabtu, 08 Februari 2020 : 05.16
Published by Hariankota

SOLO - Guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengembangkan fasilitas perekonomian.

Salah satunya, yakni pembangunan Pasar Sidodadi Pasar Sidodadi yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Karangasem, Laweyan, Surakarta yang telah diresmikan oleh Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, pada Jumat (7/2/2020).

Pasar tradisional yang memiliki luas 710 meter persegi, dengan luas bangunan 1060 meter persegi yang terdiri dari 2 lantai itu, di biayai oleh 2 anggaran yakni angaran dari DAK (Dana Alokasi Khusus) dan APBD Kota Solo, dengan waktu pelaksanaan pembangunan mulai tanggal 1 Juli 2019 dan berakhir pada 27 November 2019.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, menyampaikan bahwa bangunan pasar itu terdiri dari 2 lantai, lantai 1 memuat 16 kios, 87 los dan lantai 2 memuat 16 pelataran dan tempat parkir.

"Karena pada saat perencanaan dulu dari tokoh-tokoh masyarakat karangasem menyatakan bahwa tempat parkir di Pasar Sidodadi ini kalau pagi menutup akses lalu lintas sehingga pada saat perencanaan kita siapkan parkir di atas bermaksud supaya akses lalu lintas masuk kampung dapat berjalan dengan lancar" jelasnya.

Sejumlah fasilitas pun siapkan yakni berupa toilet, pos satpam, mushola dan tempat parkir. Penempatan pedagang yang berjumlah 119 juga telah selesai di laksanakan yang berdasarkan pada zonasi basah, zonasi gerabah dan zonasi kering.

Sementara itu, Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota Achmad Purnomo beserta Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani, di sela acara peresmian pasar tersebut menyampaikan, bahwa pembangunan Pasar Sidodadi ini merupakan perwujudan dari keluhan masyarakat.

"Pasar Sidodadi yang sudah kita bangun di depan masih menyisakan persoalan, yaitu tentang jalan yang tidak bisa dimanfaatkan maupun di pakai untuk lalu lintas dengan nyaman dan lancar. Sehingga dengan adanya keluhan-keluhan dari warga masyarakat, Pemkot Solo mengambil langkah untuk menyiapkan tempat kepada para pedagang dan menyiapkan tempat parkir di lantai 2" tandas Rudy.

Rudy berharap, dengan diresmikannya pasar Sidodadi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pedagang untuk menarik minat pembeli.

Reporter: Kacuk Legowo
Penulis: Kacuk Legowo
Editor: Mahardika


Share this Article :