Rekomendasi

Sengketa Syarat Dukungan Perseorangan, Bawaslu Solo Siap Terima Permohonan Tim Alam

Jumat, 28 Februari 2020 : 19.18
Published by Hariankota

SOLO - Setelah dinyatakan tak memenuhi syarat sebagai bakal pasangan calon (bapaslon) Walikota- Wakil Walikota Solo jalur perseorangan, Muhammad Ali Naharussurur-Achmad Abu Jazid (Alam) bakal mengajukan permohonan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo.

Ha itu disampaikan oleh kuasa hukum Bapaslon Alam, Awod, saat dikonfirmasi awak media, Jum'at (28/2/2020). 

Dia menyampaikan, pihaknya kemungkinan akan mengajukan permohonan sengketa.

"Sore ini, kami menunggu perintah Abah Ali dan Gus Amak (Alam-Red). Kami akan mengajukan lima poin dalam pengajuan sengketa Pilkada Solo 2020," kata Awod.

Pantauan hariankota.com hingga menjelang petang, Bawaslu Solo masih menunggu surat permohonan sengketa yang akan diajukan oleh Tim kuasa hukum Alam.

“Hingga saat ini belum ada. Tapi, kami masih menunggu sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” terang Komisioner Bawaslu Solo, Poppy Kusuma.

Syarat mengajukan permohonan sengketa disebutkan Poppy, harus melengkapi bukti dan saksi untuk diserahkan ke Bawaslu. Jika masih ada kekurangan berkas, akan diberi kelonggaran untuk melengkapi hingga tiga hari kedepan sejak diserahkan.

"Setelah selesai, permohonan sengketa itu nantinya akan diproses selama 12 hari untuk kemudian diputuskan terkait hasil permohonan. Apakah nantinya dikabulkan atau tidak," paparnya.

Seperti diketahui, permohonan sengketa diajukan berdasarkan dokumen syarat dukungan Alam yang dinyatakan gagal terpenuhi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, karena hanya 14.557 syarat dukungan yang memenuhi syarat.

Sisanya sebanyak 24.186 dianggap tidak memenuhi syarat (TMS). Sementara batas minimal bapaslon perseorangan agar bisa maju di Pilkada Solo sebanyak 35.870 e-KTP.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :