Rekomendasi

Terombang Ambing di Perairan Serei, 9 orang ABK Kapal Pengangkut Semen Berhasil di Selamatkan Bakamla RI

Selasa, 04 Februari 2020 : 17.17
Published by Hariankota
MINAHASA UTARA - Pangkalan Armada Kamla Zona Maritim Tengah di Serei, bersama KSOP Pelabuhan Munte, dan Basarnas Munte berhasil menyelamatkan anak buah kapal (ABK) yang kapalnya terombang-ambing di wilayah Perairan Serei, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, tadi malam.

Sekitar pukul 21.00 WITA, Pangkalan Armada Bakamla RI Serei mendapatkan informasi dari KSOP Pelabuhan Munte dan Basarnas Munte untuk mengevakuasi ABK KM Graha Angkasa I yang berjumlah 12 orang. Awak kapal tersebut terdiri dari 9 orang ABK, dan 3 orang Taruna Kadet.

Kapten kapal tidak bisa mempertahankan kapal yang diterjang ombak, mengakibatkan kapal terombang ambing hingga air  masuk hingga ke ruang mesin kapal.

Mendapati laporan tersebut Pangkalan Armada Bakamla RI Serei segera mengerahkan ABK KN Gajah Laut - 404, dan KN Singa Laut - 402 untuk proses evakuasi menggunakan RHIB dan sekoci karet.

Proses evakuasi terbilang cukup sulit, karena curah hujan yang sangat deras, disertai gelombang tinggi dan minimnya pencahayaan. Namun demikian, proses evakuasi tetap dilaksanakan dengan sangat hati-hati.

Sekitar pukul 22.45 WITA para petugas berhasil mengevakuasi seluruh awak kapal tanpa ada yang terluka atau jatuh korban jiwa.

Di sisi lain, kerugian materil yang dialami berupa tenggelamnya KM Graha Angkasa I, dan muatan semen sebesar kurang lebih 3.000 ton.

Selanjutnya seluruh awak kapal diamankan di Kantor Syahbandar Munte untuk dilaksanakan proses lebih lanjut.


Reporter: Kasubbag Humas Bakamla RI Letkol Bakamla Mardiono
Penulis: Kasubbag Humas Bakamla RI Letkol Bakamla Mardiono
Editor: Jumali


Share this Article :