Rekomendasi

Antisipasi Penularan Korona Ditengah Arus Mudik, Pemkab Sukoharjo Andalkan RT/RW

Minggu, 29 Maret 2020 : 19.14
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Gelombang kepulangan para perantau ditengah wabah virus korona (Covid|-19) membuat sejumlah daerah meningkatkan kewaspadaan tinggi melakukan pantauan.

Di Sukoharjo, pemantauan para pemudik tersebut akan dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 di tingkat Desa hingga RT/RW. Mereka akan melakukan pendataan terhadap warga yang pulang kampung.

"Kami sudah menginstruksikan kepada camat dan lurah agar mengantisipasi warga perantau yang pulang kampung dengan menggerakkan Gugus Tugas tingkat RT/RW," kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (29/3/2020).

Kepada hariankota.com, Agus menjelaskan, dari data yang dihimpun tersebut, selanjutnya dikirim ke Kades/lurah untuk diolah sebagai dasar koordinasi dengan Fasilitas Kesehatan (Faskes) setempat..

"Kami mengharapkan kepada para pemudik dengan kesadaran sendiri selama inkubasi Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri dulu," ujarnya.

Jika nantinya dari pemantuan ini ditemukan warga yang mempunyai tanda-tanda seperti demam, batuk, pilek, maka segera diambil tindakan pemeriksaan di Faskes terdekat.

"Kami berharap agar masyarakat benar - benar memiliki kesadaran dan memperhatikan himbauan ini, karena virus korona tidak terlihat oleh mata," pungkasnya.


Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :