Rekomendasi

Antisipasi Penyebaran Virus Korona, Absen Finger Print Diganti Manual

Minggu, 15 Maret 2020 : 18.48
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Absensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Karanganyar yang selama ini mengunakan absensi finger print, dipastikan akan diganti dengan sistem manual. 

Penghentian sementara absensi yang menggunakan sidik jari tersebut, sebagai salah satu upaya untuk mengantisiasi penularan virus Corona.

“ Penggunaan finger prit, kita hentikan sementara dan diganti dengan absen manual,” kata sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno, kepada hariankota.com, Minggu (15/03/2020).

Menurut Sutarno, penghentian sementara absensi dengan finger print ini sifatnya segera untuk dilaksanakan, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

“ Sifatnya segera untuk dilaksanakan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami telah meminta kepada masing-masing OPD untuk meneruskan kepada instans yang ada di bawahnya,” ujarnya.

Ditegaskannya, untuk absen manual,  akan disiapkan di setiap instansi, dan diisi sendiri oleh pegawai yang bersangkutan sesuai nama masing-masing. Meski begitu kata Sutarno,  absen manual jangan sampai disalahgunakan.

"Absen manual ini jangan disalahgunakan. Jika disalahgunakan, akan kami ambil tindakan teas,” pungkasnya.

Sementara itu,  Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud), secara resmi menyatakan akan meliburkan seluruh peserta didik mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP. Para pserta didik ini diliburkan mulai Senin (16/03/2020) sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. 

Sebelumnya Disdikbud mengambil kebijakan seleuruh proses belajar mengajar tetap dilaksanakan seperti biasa. Namun kebijakan ini mengalami perubahan.

Sedangkan untuk para guru dan staf sekolah, masuk seperti biasanya dan melakukan gerakan kebersihan di sekolah masing-masing. Sebelumnya, Disdikbud tidak akan meliburkan para siswa di Karanganayar, menyusul merebaknya virus Corona.

“ Peserta didik kita minta belajar dirumah sampai pemberitahuan selanjutnya, bagi peserta didik yang latihan ujian sekolah  diundur tanggal 24 Maret 2020. Untuk  naskah soal yang sudah dikirim untuk disimpan ditempat yang aman berikut dijaga kerahasiaannya,” ujara Kepala Disdikbud Karanganyar, Tarsa, Minggu (15/03/2020)

Merebaknya virus Corona ini, juga berdampak pada ditundanya  Ujian Sekolah (US).  US akan dilaksanakan  pada tanggal 30 Maret sampai dengan  4 April 2020  juga ditunda. (Iwan Iswanda)

“ Banyak kegiatan yang ditunda. Sesuai dengan arahan bapak bupati, untuk smentara seluruh kegiatan kita tunda sampai ada pemberitahuan lanjutan. Kami juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, dan selalu menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat,” terangnya.
 

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Jumali




Share this Article :