Rekomendasi

Antisipasi Tertular Korona, Warga Dirikan Posko Pencegahan di Jalan Batas Desa

Rabu, 25 Maret 2020 : 20.25
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Menyikapi penyebaran virus korona (Covid-19) yang makin mengkhawatirkan, sebuah desa tepatnya Desa Kagokan, Gatak, Sukoharjo membatasi akses lalu lintas warga dengan membuat satu jalur masuk yang dilengkapi posko pemeriksaan di jalan perbatasan desa.

Pantauan hariankota.com, siapapun yang hendak masuk baik warga setempat maupun pendatang, maka wajib menjalani sejumlah tahapan yakni, cuci tangan ditempat yang sudah disiapkan, pemindaian suhu badan, dan terakhir disemprot cairan disinfektan.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan terhadap kendaraan yang digunakan sebagai sarana transportasi warga yang melintasi posko tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona agar tak menulari warga desa.

"Jika nanti dalam pemeriksaan suhu badan ditemukan ada yang panasnya 38 derajat keatas, maka kami arahkan mendapat penanganan lanjutan di faskes (fasilitas kesehatan) terdekat, dan tidak kami izinkan masuk desa," kata Kepala Desa Kagokan, Budi Riyanta, Rabu (25/3/2020).

Dijelaskan, langkah pembuatan posko pencegahan virus korona dijalan perbatasan masuk desa merupakan hasil rembug warga bersama tokoh - tokoh masyarakat.

"Setelah kami musyawarahkan, ternyata warga desa justru mendukung pembuatan posko ini," kata Kades.

Terwujudnya posko mulai dari pengadaan cairan disinfektan, tempat cuci tangan hingga peralatan penyemprotan merupakan hasil swadaya gotong royong warga desa.

"Posko ini kami jaga secara bergiliran  selama 24 jam nonstop dibagi menjadi dua shift. Untuk pemeriksaan mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Selepas itu, jalan kami tutup untuk umum. Hanya untuk warga yang pulang kerja malam saja bisa lewat," ujarnya.

Salah satu warga, Sriyono (62) yang kebetulan melintas dan wajib menjalani tahapan pemeriksaan, mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah desa bersama warga untuk mencegah penularan Covid-19.

"Dengan cara seperti ini,  tentu saya berharap seluruh warga desa terhindar dari virus. Dan semoga wabah ini bisa segera berlalu," pungkasnya.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :