Rekomendasi

Cegah Covid-19 Meluas, Stasiun Kereta Api Purwosari Disemprot Disinfektan

Senin, 16 Maret 2020 : 17.44
Published by Hariankota
SOLO- Upaya pencegahan meluasnya sebaran wabah virus korona atau Covid-19 dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta dengan menyemprot dan membersihkan Stasiun Purwosari Solo menggunakan  cairan disinfektan, Minggu (15/3/2020) malam.

Penyemprotan dilakukan menggandeng instansi terkait, khususnya dari dinas kesehatan dibantu seluruh petugas kebersihan dan karyawan PT KAI setempat.

Pantauan hariankota.com, dua petugas berbaju APD menyemprotkan cairan disinfektan menyisir semua fasilitas yang sering digunakan penumpang. Sementara puluhan petugas kebersihan dengan membawa kain dan alat penyapu lantai melakukan pembersihan.

"Ini merupakan lokasi penyemprotan disinfektan ketiga yang dilakukan Daop 6 Yogyakarta setelah Stasiun Tugu dan Lempuyangan," terang Kepala PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto.

Menurutnya, selain penyemprotan disinfektan, sejak seminggu lalu diseluruh stasiun kereta api tak terkecuali Purwosari sudah menyiapkan hand sanitazer serta setiap calon penumpang maupun pengunjung wajib menjalani pemindaian panas suhu tubuh dengan thermal scanner gun.

"Kewaspadaan ini penting, namun jangan sampai menimbulkan kepanikan. Makanya proses - proses ini yang harus kami jalankan dengan melakukan pembersihan pada malam hari, setelah aktivitas stasiun sepi," ujarnya.

Menurut Eko, sejak diberlakukannya KLB ada penurunan sejumlah penumpang, terutama untuk kereta api jurusan Solo - Yogya seperti Pramex, dan Malioboro Express. Namun begitu, aktivitas di stasiun tetap berjalan seperti biasa.

"Penumpangnya rata - rata karyawan dan anak sekolah atau mahasiwa. Jadi bisa dimaklumi kalau berkurang, untuk jurusan lain, belum terlalu terpengaruh. Ini masih kami lihat, dua tiga hari kedepan," pungkasnya.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :