Rekomendasi

Cegah Korona, Puluhan Bus AKAP Jurusan Wonogiri-Jakarta Disemprot Disinfektan

Rabu, 18 Maret 2020 : 21.25
Published by Hariankota
WONOGIRI - Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan pada sejumlah armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PO. Putera Mulya di Terminal Bus Tipe A Giri Adipura, Selogiri, Wonogiri, Rabu (18/3/2020).

Sterilisasi fasilitas bus diadakan secara mandiri oleh pemilik bus yang melayani jurusan Wonogiri - Jakarta ini. 

Tujuannya mencegah penyebaran wabah virus korona atau Covid-19 agar tak menginfeksi penumpang selama dalam perjalanan.

Pantauan hariankota.com di lokasi, penyemprotan disinfektan dilakukan di beberapa bagian bus seperti kursi penumpang, handle, dan sejumlah alat lainnya yang sering dipegang warga ketika naik -turun bus.

Selain itu didalam bus juga disiapkan sebotol cairan disinfektan atau hand sanitazer yang wajib bagi penumpang untuk mengoles - oleskan tangannya sebelum naik kedalam bus.

Operasional PT Putera Mulya Sejahtera, Heri Prasetyo menjelaskan, penyemprotan bus dengan disinfektan dilakukan mengingat yang paling rentan terinfeksi virus sejak dinyatakan sebagai bencana nasional adalah pelaku jasa transportasi.

"Yaitu, kru bus, penumpang serta petugas yang ada dilapangan. Oleh karenanya, ini merupakan langkah antisipasi kami," terangnya disela kegiatan penyemprotan.

Tak hanya itu saja, Heri juga mengatakan telah mencabut layanan penyediaan bantal dan selimut, karena benda tersebut bisa menjadi media inkubasi virus korona selama dalam perjalanan bus.

"Virus ini bisa bertahan kurang lebih selama 9 jam. Padahal kita ketahui perjalanan Wonogiri - Jakarta atau sebaliknya itu memakan waktu perjalanan sekira 8 jam. Tiap hari kan berbeda penumpangnya. Untuk ini kami kami mohon maaf kepada para penumpang," ujarnya.

Penyemprotan disinfektan atas izin pengelola terminal ini, menurut Heri akan rutin dilakukan setiap seminggu sekali terhadap seluruh armada hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan kapan berakhirnya.

Menanggapi kegiatan penyemprotan, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Bus Tipe A Giri Adipura, Agus Hasto Purwanto mengapresiasi langkah penyemprotan disinfektan yang dilakukan pemilik perusahaan bus secara mandiri ini.

"Merupakan langkah - langkah preventif, pencegahan pandemi Covid-19. Jadi ini baru pertama yang dilakukan oleh perusahaan otobus dari Wonogiri. Mudah - mudahan kerjasama ini bisa ditiru oleh perusahaan - perusahaan otobus lainnya," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Gunadi




Share this Article :