Rekomendasi

Cegah Penyebaran Corona, Pegiat Sosial Berkostum Superhero Kampanye Minum Jamu

Rabu, 04 Maret 2020 : 21.27
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Berbagai upaya pencegahan berkembangnya sebaran Covid-19 pasca Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Indonesia positif terjangkit virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut, gencar dilakukan sejumlah instansi terkait, dan relawan pegiat sosial.

Masyarakat diminta tetap tenang dan bijak mensikapi segala informasi tentang virus Corona.

Seperti yang dilakukan sepasang suami -istri pegiat sosial asal Sukoharjo, Agus Widanarko - Pipit ini. Dengan berkostum Batman dan Gundala, mereka melakukan sosialisasi hidup sehat dengan rutin minum jamu untuk meningkatkan kekebalan tubuh mencegah virus Corona.

"Ini merupakan cara kami untuk mengedukasi masyarakat tentang apa itu virus Corona dan bagaimana cara menghindarinya," terang Danar kepada hariankota.com usai aksi di Simpang Empat The Park, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Rabu (4/3/2020).

Aksi ditengah jalan ini, tak urung jadi pusat perhatian masyarakat yang kebetulan melintas. Danar bersama Pipit yang menggendong sebakul jamu dalam botol, memberikan sampel jamu kepada pengguna jalan untuk diminum ditempat.

Selain itu, mereka juga membagi-bagi brosur dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Provinsi Jateng, dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) berisi informasi segala hal tentang seluk beluk Corona dan cara pencegahannya.

"Jamu tradisional dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Meski secara medis masih perlu dilakukan penelitian, namun sebagai upaya pencegahan virus Corona maka akan sangat baik jika masyarakat mulai sekarang mengkonsumsinya secara rutin," terang Danar.

Selain memberi kesempatan pengguna jalan mencicipi jamu, satu paket plastik berisi potongan Jahe, Temulawak, dan Kunir juga dibagi - bagikan secara gratis sebagai edukasi agar masyarakat tak asing dengan tanaman herbal berkhasiat asli Indonesia.

"Kami berikan edukasi kepada masyarakat agar tetap menjalankan pola hidup bersih sehat, olah raga dan utamanya menjaga kekebalan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan tentunya juga rutin minum jamu," pungkas Danar

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :