Rekomendasi

Dampak Covid-19, Investor Korea dan China Tunda Rencana Investasi

Jumat, 20 Maret 2020 : 17.43
Published by Hariankota
SRAGEN - Merebaknya virus Corona (Covid-19), mengakibatkan tiga investor asal Korea dan China menunda menanamkan modalnya ke Sragen. Rencananya tiga investor tersebt akan menanamkan modalnya dalam jumlah yang cukup besar.

Tugiyono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen, Tugiyono menyatakan, pemberlakuan lockdown di sejumlah negara, membuat para investor asing juga berfikir ulang dan memilih menunda rencana investasinya, terasuk tiga investor asal Korea dan China ini.

"Sudah ada 3 investor yang  sempat melihat lahan ke Sragen. Tapi setelah merebaknya virus Corona, mereka mandeg dan belum ada kabar lagi. Terakhir mereka s mengecek lahan sekitar akhir Februari," jelas Tugiyono, Jumat  (20/3/2020).

Tugiyono mengungkkapakan,  tiga investor tersebut, rencananya akan membangun industri tekstil dan sepatu di Sragen.

“ Mereka sempat meninjau lokasi lahan yang ada di wilayah Kecamatan Kalijambe, Sumberlawang dan Sambungmacan,” ungkapnya.

Ditamabahkannya, ketiga investor itu sebenarnya dinilai sangat prospektif karena rencana investasinya juga lumayan besar. Lahan yang dibutuhkan mereka berkisar antara 8-10 hektare.

Meski tertunda sementara akibat pandemi corona virus, Tugiyono tetap berharap rencana investasi mereka bisa berlanjut ketika nanti badai corona sudah berlalu.

Sebab kehadiran tiga investor dan pabrik besar yang mereka rencanakan, diyakini akan bisa menyerap banyak tenaga kerja.
Disisi lain, Tugiyono mengatakan, merebaknya virus Corona ini,  pengurusan izin tetap  berjalan normal. 

Hanya pihaknya juga mulai membatasi kontak langsung antara petugas dengan pemohon ijin dengan memberdayakan pengurusan ijin melalui  layanan online.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Rahayuwati


Share this Article :