Rekomendasi

Dampak Covid-19, Pilkada Serentak Tahun 2020 Resmi Ditunda

Selasa, 31 Maret 2020 : 17.16
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara  serentak  di sejumlah wilayah di Indonesia, pada tuhun r 2020,  ditunda. Penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tersebut dilakukan mengingat virus corona (Covid-19) belum terkendali.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi II DPR RI, Paryono, kepada hariankota.com melalui telepon selularnya, Selasa (31/03/2020). 

Menurut Paryono, proses pengambilan keputusan penundaan tersebut dilakukan melalui rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Mendagri, DKPP dan KPU RI yang dilakukan melalui teleconference, Senin (30/03/2020) malam. 

Menurut Paryono, kelanjutan proses Pilkada, akan diputuskan bersama antara pemerintah, KPU dan DPR RI.

“ Rapat yang dilakukan melelui teleconference tersebut, membahas tentang kodisi terakhir di tanah air, terutama mengenai wabah Covid-19 . Salah satu hasil rapat tersebut adalah penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020,” terang Paryono melalui telepon selularnya, Selasa (31/03/2020).

Dijelaskan Paryono, dengan adanya penundaan tersebut, maka dana yang seharusnya digunakan untuk Pilkada serentak, dapat dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“ Untuk pengalihan dana tersebut, kami dari Komisi II DPR RI, meminta kepada pemerintah segera menyiapkan payung hukum berupa Perppu,” ujarnya.

Disisi lain, KPU Sragen, mulai mengambil langkah dengan menunda seluruh proses tahapan pelaksanaan Pilkada. Penundaan tahapan pilkada tersebut, menurut ketua KPU Sragen, Minarso, berdasarkan surat dari KPU RI.


“ Kami telah menerima surat dari KPU RI, untuk menunda sementara tahapan pilkada Sragen. Kami belum mengetahui sampai kapan penundaan tahapan pilkada yang sampai saat ini berjalan. Kami juga masih menunggu pemberitahuan selanjutnya dari KPU RI,” ujarnya Selasa (31/03/2020).

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Share this Article :