Rekomendasi

Dampak Wabah Covid-19, Dinas Pendidikan Perpanjang Libur Sekolah Hingga 14 April 2020

Jumat, 27 Maret 2020 : 17.33
Published by Hariankota

KARANGANYAR - Pemerintah kabupaten  (Pemkab) Karanganyar, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  memperpanjang masa libur sekolah bagi seluuh pelajar mulai dari taman kanak-kanak hingga ke tingkat sekolah menengah pertama. 

Sebelumnya, untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), Disdikbud Karaganyar  mulai meliburkan seluruh siswanya  sejak  tanggal 16 Maret 2020 lalu.

Hal tersebut dikatakan bupati Karanganyar, Juliyatmono, kepada hariankota.com serta awak media lain, Jumat (27/03/2020), perpanjangan untuk meliburkan para siswa ini dari seleuruh kegiatan proses belajar mengajar ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan  pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

“ Kita perpanjang hingga tanggal 14 April 2020 mendatang. Seluruh siswa belajar di rumah. Siswa jangan diberikan beban yang berat. Berikan materi tentang pola hidup sehat dan materi tentang virus Corona serta upaya pencegahannya,” kata bupati.

Ketika disinggung mengenai kedatangan para perantau yang berasal dari luar kota dan kembali ke Karangaanyar, bupati mengatakan, sejak awal Pemkab telah menghimbau untuk  tetap sabar dan tidak pulang  kampung.

“ Kita menghimbau agar tidak pulang dulu, demi kesehatan semuanya, baik para perantau maupun keluarga di kampung.Tapi kalau sekarang  pulang, karena di perantauan tidak ada kegiatan dan semua tutup, sulit bagi kita untuk menolak. Kalau sudah  di Karanganyar segera lapor, untuk bisa dibantu diawasi kesehatan dan tidak keluar dari rumah selama dalam masa pemantauan,” terang bupati.

Bupati meambahkan, masyarakat juga harus pro aktif dalam upaya pencegaha viru Coroa ini ditengah-tengah masyarakat.

“ Pencegahan Covid-19 ini perlu kerjasama semua pihak. Masyarakat jug  harus pro aktif. Pemerintah sudah aktif, tapi masyarakatnya tidak mau tau, ini yang bahaya,” tegasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi


Share this Article :