Rekomendasi

Drainase Buruk, Diguyur Hujan Lebat Sukoharjo Kota Dilanda Banjir

Senin, 02 Maret 2020 : 19.11
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sejumlah lokasi di wilayah Sukoharjo Kota dan sekitarnya dilanda banjir akibat guyuran hujan intensitas tinggi yang turun sejak beberapa hari terakhir. Diduga penyebabnya adalah buruknya drainase.

Pantauan hariankota.com dilapangan, meski tak sampai menyebabkan warga mengungsi, namun sejumlah wilayah seperti Kelurahan Gayam, Joho, Jetis, dan Sukoharjo kota mengalami banjir dengan ketinggian air bervariasi.

Sebagai upaya pencegahan, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya melalui dinas terkait akan kembali menyampaikan desakan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang memiliki kewenangan agar menormalisasi Kali Langsur.

“Berbagai upaya telah kami lakukan agar Kali Langsur segera dinormalisasi. Surat sudah kami kirim beberapa kali termasuk melakukan koordinasi dengan BBWSBS, tapi hingga kini normalisasi belum juga dilakukan,” kata Bupati, Senin (2/3/2020).

Penyempitan dan sedimentasi di Kali Langsur menurut Bupati sudah parah sehingga saat hujan deras air tidak bisa mengalir dengan lancar. Akibatnya, air hujan meluas ke permukiman di perkotaan dan juga ke lahan sawah.

"Untuk drainase kami sudah melakukan sejumlah perbaikan. Namun, perbaikan itu akan menjadi sia-sia kalau Kali Langsur tidak dinormalisasi karena airnya juga masuk ke Kali Langsur," ungkap Bupati.

Senada, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan bahwa selama ini desakan tak henti-hentinya disampaikan ke BBWSBS untuk segera melakukan normalisasi Kali Langsur.

"BBWSBS sendiri pernah melakukan pengecekan Kali Langsur. Namun, usai pengecekan tersebut normalisasi belum juga direalisasikan. Untuk itu, kami akan berkoordinasi lagi dengan BBWSBS," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis; Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :