Rekomendasi

Empat Warga Tangsel Meninggal, Fraksi PSI 'Bingung' Fasilitas Kesehatan Pemkot Belum Memadai

Minggu, 22 Maret 2020 : 15.27
Published by Hariankota
TANGSEL - Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Alexander Prabu mengaku bingung dengan sikap Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel yang disinyalir mengabaikan fasilitas kesehatan yang belum memadai dalam menghadapi pandemi Virus Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Alex saat melakukan kunjungan ke RSUD Kota Tangsel bersama Sekretaris Fraksi PSI, Aji Bromokusumo, usai mendapatkan laporan resmi korban meninggal 4 warga Tangsel.

Dalam kunjungan tersebut, keduanya diterima oleh dr. Taufik Dipa Sempana yang memaparkan bahwa fasilitas kesehatan seperti ruang isolasi, alat perlengkapan dinas (APD), belum memadai dalam rangka pencegahan dan pengobatan pasien dalam pengawasan yang diketahui meningkat.

"Fokus semua orang sekarang tertuju kepada jumlah pasien dan bagaimana pasien dirawat, namun hanya sedikit yang memikirkan bagaimana para tenaga medis kita berjuang, padahal para dokter dan perawat ini adalah pejuang di garis depan dalam menghadapi Covid-19," kata Alex dalam rilis resminya yang diterima wartawan, Minggu (22/3/2020).

"Keterangan dr. Taufik bahwa dulu di saat flu burung merebak, disediakan kontainer khusus di belakang RSUD yang menangani para pasien flu burung. Harapan beliau semua pihak, Eksekutif dan Legislatif bisa mendorong terwujudnya fasilitas khusus untuk menangani Covid-19 ini," tambah Alex.

Hal senada disampaikan Aji Bromokusumo bahwa hingga saat ini fasilitas guna menekan angka penyebaran Virus Covid-19 belum memenuhi standar.

"Secara umum, kesiapan rumah sakit-rumah sakit di Tangerang Selatan masih belum memadai untuk penanganan wabah Covid-19 ini. Ruangan isolasi dan perlengkapan sekiranya harus menampung atau merawat pasien Covid-19," ujar Aji.

"Mengingat seriusnya pandemi Covid-19 ini, Fraksi PSI mendesak Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany untuk menetapkan Status Tanggap Darurat Wabah Covid-19, dan juga segera mengaktifkan Sistem Komando Tanggap Darurat, sehingga pengerahan seluruh daya upaya lintas dinas, dan Dana Siap Pakai tanggap darurat dari Pemerintah Pusat dapat segera dialokasikan untuk kepentingan masyarakat Tangerang Selatan," pungkas Aji.

Reporter: Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Kadek Arya Wiguna
Foto: istimewa


Share this Article :