Rekomendasi

Imbas Hujan Abu Merapi, Operasional Bandara Adi Soemarmo Sempat Terhenti

Selasa, 03 Maret 2020 : 17.01
Published by Hariankota

BOYOLALI- Hujan abu bercampur pasir akibat letusan Gunung Merapi yang terbawa angin sejauh radius sekira 60 kilometer mengkibatkan aktivitas penerbangan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali terganggu.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, bandara yang lokasinya puluhan kilometer sisi utara Gunung Merapi tersebut untuk sementara waktu menghentikan aktivitasnya akibat terdampak abu erupsi.

"Benar kami lakukan penutupan bandara untuk sementara waktu. Penutupan selama satu jam mulai 09.10-10.10 WIB," terang Humas Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi saat dikonfirmasi, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, penutupan bandara didasarkan pada tes landasan yang dinyatakan positif terdapat abu vulkanik. Sehingga manajemen AP I Bandara Adi Soemarmo memutuskan untuk penutupan bandara selama satu jam.

"Ada satu penerbangan yang ditunda akibat penutupan bandara, yakni penerbangan Lion Air JT 537 tujuan SOC - CGK (Solo - Jakarta). "Harusnya pesawat ini terbang pukul 09.45 WIB," ujarnya.

Selain bandara di Boyolali, hujan abu juga terjadi di beberapa wilayah seperti Sukoharjo bahkan juga menjangkau sebagian Kota Solo. 

Meski begitu warga masih melakukan aktivitas dengan normal.

Diketahui, letusan Merapi terjadi pada pukul 05.22 WIB menghasilkan tinggi kolom 6 kilometer. Letusan terekam di seismograf dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik. Angin saat kejadian letusan mengarah ke utara timur.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Mahardika


Share this Article :