Rekomendasi

Isolasi Mandiri Tidak Dipatuhi, ODP Karanganyar Terus Bergerak Naik

Sabtu, 28 Maret 2020 : 19.36
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Jumlah orang dalam pantauan (ODP) dan pasien dalam pantauan (PDP) di Karanaganyar terus bergerak naik. Sebelumnya, sebagaimana diberitakan hariankota.com  jumlah ODP sebanyak 83 orang,  dan PDP sebanyak 4 orang, 3 dinyatakan sembuh dan satu masih dalam perawatan.

Berdasarkan data terabru yang dihimpuun hariankota.com dari website website http://covid19.karanganyarkab.go.id/ milik Pemkab Karanganyar, data terakhir hingga Sabtu (28/03/2020) pukul  17.00 Wib, jumlah ODP melonjak menjadi 104 orang, PDP naik menjadi 8 orang. PDP yang dinyatakan sembuh 3 orang, dan konfirmasi  positif Covid-19,  0 atau tidak ada.

Kepala bidang  pencegahan dan penularan penyakit Dinas Kesehatan Karanganyar, Katrina Iswati, melalui telepon selularnya, kepada hariankota.com, mengatakan, terjadinya lonjakan ODP di Karanganyar ini, lebih disebabkan karena pemudik tidak mematuhi isolasi mandiri yang disarankan.

“  Memang menglami peningkatan. Peningkatan ini  disebabkan karena isolasi mandiri yang kita sarankan, tidak dipatuhi,” ujarnya singkat.

Sementara itu, anggota DPRD Karanaganyar, Endang Muryani, kepada hariankota.com, melalui telepon selularnya,  Sabtu (28/03/2020) mengaku sangat prihatin  dengan meningkatnya ODP dan PDP di Karanganyar. Endang Muryani mendesak Pemkab agar mengambil langkah tegas untuk menyikapi situasi darurat Covid-19 ini.

“ Saya minta Pemkab segera mengambil sikap tegas atas situasi ini. Memaksimalkan sosialisasi pencegahan Covid-19   ke masyarakat. Apalagi kaitannya dengan  kepulangan para perantau dari  Jakarta maupun daerah lain yang menjadi pandemi Covid-19,” tandasnya.

Ditambahkannya, bagi masyarakat yang tidak mematuhi  protokoler pencegahan Covid-19, dari  pemerintah harus diambil tindakan tegas.

“ Pencegahan Covid-19 tidak hanya menjadi tanggung jawan pemerintah saja. Tapi perlu dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik stake holder pemerintah dan semua warga masyarakat. Masyarakat harus patuh,” tukasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi



Share this Article :