Rekomendasi

Jelang Pilkada, Kesbangpol Tangsel Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Jumat, 06 Maret 2020 : 19.11
Published by Hariankota
TANGSEL - Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, beberapa hal dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) guna meningkatkan peran generasi muda untuk terlibat dalam kontestasi politik.

Dikatakan Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Wawang Kusdaya bahwa mensosialisasikan wawasan kebangsaan dipercaya dapat meningkatkan keterlibatan pemilih pemula untuk terlibat dan menggunakan hak suara mereka.

"Sekarang itu kan banyak generasi muda yang bersikap apatis terhadap perhelatan politik. Sehingga perlu peran bersama bagaimana menyiarkan wawasan akan kebangsaan, termasuk salah satunya kontestasi politik seperti Pilkada 2020 mendatang," kata Wawang kepada wartawan, Jumat (6/3/2020).

Wawang menambahkan, pihaknya juga melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan-kemungkinan saat Pilkada digelar.

"Yang kita awasi itu saat masa kampanye, masa tenang yang disinyalir menjadi 'ladang' konflik ditengah masyarakat. Sehingga Pilkada pada September mendatang, Inshaa Allah dapat berjalan dengan baik," tambahnya.

"Kita terus melakukan deteksi dini, sambil sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat, agar mau terlibat dan menghilangkan sikap apatis terhadap politik. Alhamdulilah diterima. Kepada organisasi masyarakat (ormas), anak-anak muda sebagai pemilih pemula, kita terus gencarkan soal keterlibatan dalam Pilkada," pungkasnya.

Andre salah seorang pemilih pemula menyatakan, dirinya terkadang merasa kurang dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan sosialisasi Pilkada. Hal tersebut (kurang dilibatkan) membuat sikap apatis terbentuk.

"Ya kadang-kadang kita mikirnya buat apa milih, toh nanti yang menang peguasa-penguasa juga. Itu yang kadang bikin saya males, sikap apatis terbentuk juga, karena jarang sekali dilibatkan soal sosialisasi Pilkada," kata Andre.



Reporter: Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Nuraini



Share this Article :