Rekomendasi

Kampung Halaman Presiden Jokowi, KLB Korona

Sabtu, 14 Maret 2020 : 01.06
Published by Hariankota
SOLO - Kampung Halaman Presiden Jokowi, Kejadian Luar Biasa (KLB) Korona Covid-19. Keputusan pahit untuk melindungi masyarakat dilakukan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dengan menetapkan KLB virus korona atau Covid-19, setelah 1 warga Solo meninggal dunia di Rumah Sakit Dr Moewardi akibat terinfeksi virus yang belum ada vaksinnya tersebut.

Pantauan hariankota.com, keputusan dituangkan dalam Surat Edaran (SE) No. 443.26/581/2020, tentang kesiapsiagaan menghadapi virus korona disease (Covid-19), setelah rapat koordinasi dengan seluruh jajaran instansi terkait di Loji Gandrung rumah dinas Walikota Solo, Jum"at (13/3/2020) malam.

"Solo dinyatakan KLB (virus) korona, dan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak mengumpulkan orang dalam jumlah banyak di satu titik. Itu yang harus dihindari," kata Rudy usai rapat.

Kepada seluruh sekolah baik negeri maupun swasta, mulai dari PAUD hingga setingkat SMA /SMK diminta libur dari kegiatan belajar mengajar hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Sekolahan diliburkan mulai hari Senin (16/3/2020). Maksud saya supaya belajar dirumah selama KLB ini belum dicabut. Untuk bapak - ibu guru supaya tetap beraktivitas di sekolah masing - masing untuk mempersiapkan ujian," ujarnya.

Sebagai gantinya, walikota meminta para guru diminta memberi tugas kepada para siswa untuk dikerjakan dirumah selama tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Selain meliburkan sekolah, Pemkot Solo juga meliburkan Car Free Day (CFD), pentas wayang orang Sriwedari dan pertunjukan kethoprak, kegiatan olah raga di GOR Manahan dan Stadion Sriwedari, destinasi dan transportasi pariwisata juga diputuskan ditutup untuk sementara waktu.

Tak hanya itu,  upacara dan apel bersama yang rutin dilaksanakan oleh ASN di balaikota ditiadakan, event- event olahraga dan budaya dibatalkan atau ditunda, kegiatan kunker dan  penerimaan kunker dibatalkan, lomba tingkat kelurahan ditunda hingga dua minggu ke depan.

Selanjutnya dalam SE juga disebutkan, Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) ditunda selama 2 minggu, pusat perbelanjaan dan pasar harus menyediakan tempat cuci tangan dan sabun atau hand sanitazir.

Dan sebagai langkah preventif, Pemkot Solo juga akan melakukan pemusnahan kelelawar, kalong dan codot yang diperjualbelikan di pasar hewan Depok yang berada di Jalan Balekambang Lor, tepatnya utara Stadion Manahan.

"Untuk sementara hindari salaman dan cipika - cipiki. Warga saya minta tetap tenang, galakkan pola hidup sehat dan sering cuci tangan dengan sabun," himbau Walikota yang dituangkan melalui SE.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali


Share this Article :