Rekomendasi

KKN di Desa, Mahasiswa Univet Bantara Ikut Cegah Korona Dengan Empon- Empon

Sabtu, 14 Maret 2020 : 19.52
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Merebaknya virus korona atau covid-19 di Indonesia yang mulai merambah sejumlah daerah membuat berbagai pihak melakukan upaya pencegahan dengan berbagai cara.

Tak terkecuali mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yang saat ini sedang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sejumlah desa.

Pasca Kota Solo menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap virus yang belum ada vaksin penangkalnya ini santer menjadi pembicaraan. 

Oleh pihak kampus melalui Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev), mahasiswa peserta KKN didorong aktif mengajak warga desa menerapkan pola hidup sehat.

"Mahasiswa itu diterjunkan dalam KKN tidak hanya untuk melakukan satu hal saja, tapi banyak hal termasuk ikut mencegah korona. Awal berangkat KKN memang belum ada kejadian luar biasa seperti sekarang," kata Wakil Rektor III Univet Bantara, Sodikin kepada hariankota.com, Sabtu (14/3/2020).

Sebagai agen perubahan, mahasiswa peserta KKN secara intelektual dinilai mampu berkomunikasi dengan baik ditengah - tengah masyarakat. Mereka diminta memberi pemahaman dengan bahasa awam agar tak terjadi kepanikan.

"Ya setidaknya ikut menyuarakan ajakan untuk melakukan tindakan - tindakan preventif semisal mempelopori menanam empon - empon (tanaman herbal). Meski ini juga bagian dari kegiatan KKN, tapi ketika itu digalakkan tentu akan memiliki daya dorong yang kuat untuk dikerjakan," terangnya.

Sodikin yang baru saja bersama Tim Monev KKN melihat kegiatan mahasiswa di dua desa, yakni Desa Karangmojo dan Desa Kelor, Karangmalang, Gunungkidul mengatakan, aktivitas mahasiswa sudah mengarah pada pemberdayaan masyarakat untuk memanfaat hasil bumi yang ada.

"Semua sudah berjalan dengan baik. Tadi kami sudah sampaikan, mereka itu unggul. Apa yang mereka kerjakan itu sesuai dengan arahan -arahan ketika program KKN itu diluncurkan di masing - masing lokasi yang dituju," imbuhnya.

Diketahui, program KKN Univet Bantara periode 2019/2020 kali ini diikuti 268 mahasiswa. Mereka tersebar di tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :