Rekomendasi

Merapi Meletus, Sukoharjo Hujan Abu Vulkanik

Selasa, 03 Maret 2020 : 10.20
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Erupsi akibat letusan Gunung Merapi kembali terjadi dan mengeluarkan awan panas hingga hujan abu dengan jarak jangkauan mencapai puluhan kilometer. Letusan terjadi pada Selasa (3/3/2020) sekitar 05.22 WIB.

Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, letusan terjadi selama 450 detik, dengan tinggi kolom mencapai 6.000 meter hingga memunculkan hujan abu.

Pantauan hariankota.com, sekira pukul 09.55 WIB, jangkauan sebaran hujan abu vulkanik tak hanya terjadi di sekitar lereng Merapi, namun juga menjangkau wilayah Kabupaten Sukoharjo berjarak hampir 60 kilometer dari pusat erupsi yang berada di Kabupaten Sleman, DIY.

Sejumlah pengendara sepeda motor di wilayah Makamhaji, Kartasura yang hendak beraktivitas terpaksa harus mengenakan pelindung muka dan kacamata agar terhindar dari terpaan dan menghirup abu vulkanik.

Hingga kini, BPPTKG Yogyakarta menginformasikan melalui akun twitter @bpptkg masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. Dihimbau masyarakat untuk waspada dan tidak panik.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :