Rekomendasi

Pandemi Covid-19, Sejumlah Desa di Sukoharjo Tutup Akses Masuk

Minggu, 29 Maret 2020 : 20.30
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sejumlah kampung dan pedukuhan di Kabupaten Sukoharjo melakukan penutupan akses masuk sebagai langkah membatasi aktivitas warga atau karantina terbatas menghindari tertular virus korona (Covid-19).

Di Desa Gumpang, Kartasura, warga yang khawatir tertular virus melakukan pembatasan pergerakan dengan menutup beberapa akses jalan masuk kampung atau pedukuhan dengan membuat portal.

“Penyemprotan (disinfektan) sudah, tidak ada kegiatan pertemuan dan tinggal di rumah juga sudah kami lakukan. Dan sekarang memasang portal masuk ke kampung dan perumahan,” jelas Kepala Desa (Kades) Gumpang, Dwi Nuryanto, Minggu (29/3/2020).

Pemasangan portal, menurutnya bertujuan membatasi pergerakan sebagai upaya memutus rantai penularan virus. Warga diminta lebih banyak tinggal di rumah. Selain itu juga membatasi tamu luar untuk masuk.


Beberapa titik portal juga dilengkapi tempat cuci tangan dan sabun untuk dipakai bagi siapa saja yang akan masuk ke kampung dan perumahan.

“Warga ada yang melakukan patroli pengamanan sekaligus memberikan sosialisasi dan membubarkan kerumunan massa. Dibandingkan dengan sebelumnya, sekarang situasinya lebih sepi,” ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan warga Desa Pranan, Polokarto. Beberapa jalan masuk kampung juga mulai dipasang portal sebagai antisipasi pencegahan penyebaran virus korona dari luar desa.

Kades Pranan, Polokarto, Jigong Sarjanto mengaku, pemasangan portal merupakan inisiatif warga dan sudah dikoordinasikan dengan pihak - pihak terkait.

"Ini (pemasangan portal) masih diperbolehkan karena sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Korona,” imbuhnya.

Pantauan hariankota.com selain Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, dan Desa Pranan, Kecamatan Polokarto, penutupan akses jalan juga terjadi di desa Kadilangu dan Pandeyan, Kecamatan Baki, serta Desa Kagokan, Kecamatan Gatak.


Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali



Share this Article :