Rekomendasi

Pemerintah Desa Blulukan Colomadu Digugat 2,5 Miliar

Selasa, 17 Maret 2020 : 18.39
Published by Hariankota

KARANGANYAR - Diduga karena tidak melaksanakan isi perjanjian, Pemerintah Desa  Blulukan Kecamatan Colomadu, digugat oleh pengembang perumahan, Menara Santosa. Sidang perdana gugatan ini, digelar di PN Karanganyar, Selasa (17/03/2020). Informasi yang dihimpun haraiankota.com, Pemerintah desa Blulukan digugat Rp2,5 miliar.

Kepada hariankota.com, kuasa hukum pengembang Menara  Santosa, Sarjoko, mengatakan, gugatan ini terpaksa dilakukan karena pemerintah desa dalam hal ini Kades Blulukan  tidak melaksanakan isi perjanjian agar tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada dekat dengan perumahan milik Menara Santosa, dipindahkan, meskipun telah diberikan uang kompensasi.  Hanya saja, besarnya nilai kompensasi, Sarjoko enggan menyebutkan.

Menurut Sarjoko, sebelum gugatan diajukan, pihaknya telah berupaya menyelesaikan  secara kekelurgaan. Namun, menurut Sarjoko, tidak ada tanggapan dari Pemerintah Desa, dalam hal ini Kepala Desa (Kades) Blulukan.

“ Perjanjian yang dilanggar agar TPS  di pindahkan ke tempat lain karena dekat dengan komplek perumahan  yang dikelola Menara Santosa. Kami sudah mengeluarkan kompensasi.  Karena tidak juga dipindahkan, kami terpaksa melayangkan gugatan,” jelasnya sebelum sidang di Pengadilan Negeri Karanganyar, Selasa (17/03/2020).

Sementara itu, Kades Blulukan, Slamet Wiyono, membenarkan gugatan yang dilakukan oleh Menara Santosa melalui kuasa hukumnya. Menurut Slamet Wiyono, pengembang mempermasalahkan pembuangan sampah warga yang berada dekat dengan perumahan.

Slamet juga mengaku telah menerima uang kompensasi dari pengembang. Dan uang kompensasi tersebut, jelas Slamet tela digunakan untuk pembelian kendaraan mengangkut sampah. Soal berapa nilai kompnesasi, Slamet enggan menyebutkan.

“  Memang betul ada gugatan. Pengembang mempersoalkan TPS yang dekat perumahan yang mereka kelola. Ini sidang perdana. Kita berharap ada penyelesaian secara kekeluargaan,” pungkasnya. 

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Share this Article :