Rekomendasi

Peserta Ijtimak Ulama Jalani Pemeriksaan Kesehatan, 4 Orang Masuk ODP

Minggu, 22 Maret 2020 : 16.28
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebanyak 66 warga Karanganyar yang baru saja kembali dari Gowa, Sulawesi Selatan  untuk mengikuti  Ijtima Dunia 2020 Zona Asia, menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Karanganyar Kota, Sabtu (21/03/2020).

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan (screening) tersebut, empat masuk orang dalam pemantauan (ODP). Dari 4 ODP tersebut, satu dirujuk ke RS Moewardi dan tiga lainnya isolasi mandiri.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKK Karanganyar, Purwanti, kepada hariankota.com, melalui telepon seularnya, Sabtu (22/03/2020) mengatakan, satu pserta Ijtimak yang baru pulang dari Gowa tersebut, dirujuk ke RS Moewardi, lebih disebabakan  karena kondisi fisik lemah dan usia yang sudah tua.

“ Mereka yang baru pulag dari Gowa, kita periksa kesehatannya. Meski hanya empat yang masuk dalam ODP, namun para peserta lain,  kami minta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing,” terang Purwanti.

 Menurut Purwanti, hingga hari Minggu (22/03/2020) pukul 12.30, berdasarkan data yang ada, terdapat 14 orang OD. Dari   14 ODP tersebut , ujarnya, diisolasi di RSUD Karanganyar dan tujuh lainnya mengisolasi diri di rumah masing-masing secara mndiri.

“ Saampai saat ini ada 14 ODP. Data ini bisa berubah. Karena laporannya setiap jam,” ujarnya.

Terpisah, Direktur RSUD Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, ketika dikonfirmasi, mengungkapakan, akan menambah ruang isolasi menjadi 10 kamar i untuk menanagani pasien Covid-19.

 “ Kita akan menambah ruang isolasi. Hal ini kita lakukan, karena ada pasien ODP yang seharausnya dapat melakaukan isolasi mandiri, justeru minta di isolasi di RSUD,” ungkapnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :