Rekomendasi

Pilwakot Solo, PBB Himbau Parpol Berbasis Islam Bersatu Usung ALAM

Jumat, 06 Maret 2020 : 19.08
Published by Hariankota

SOLO - DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Solo menghimbau kepada parpol diluar PDIP untuk berkoalisi dan mengusung Muhammad Ali dan Ahmad Abu Jazid (Abah Ali - Gus Amak)/ ALAM sebagai Bakal Pasangan Calon (bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Solo dalam Pilwakot tahun ini.

Melalui rilis yang diterima hariankota.com, Sekretaris DPC PPB Kota Solo Tri Sapto P menjelaskan, himbauan ditujukan khususnya kepada PKS dan PAN yang merupakan partai berbasis islam, mengingat bapaslon ALAM kemarin gagal dalam proses pencalonanya melalui jalur independen.

"Kami sangat berharap PKS dan PAN menjadi pengusung utama paslon ALAM, dan mengajak partai lainnya untuk berkoalisi mengusung paslon ALAM. Kami berpikir PKS dan PAN memiliki tanggung jawab akan hal ini, setidaknya secara moril," kata Tri, Jum'at (6/3/2020).

Himbauan yang diputuskan melalui rapat pleno ini menurutnya bukan tanpa alasan. Dalam pandangan partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini, pasangan ALAM merupakan representasi umat Islam. Abah Ali - Gus Amak diusung oleh para ulama melalui Ijtima' Ulama di Kota Solo.

"Kami mengajak dan mengusulkan agar khususnya PKS dan PAN untuk dapat mengusung ALAM, terlebih pasangan ini sudah mendapatkan dukungan riil melalui berkas dukungan serta foto copy KTP yang sudah diberikan ke KPUD dengan jumlah puluhan ribu dukungan. Ini jangan di sia-siakan," tegasnya.

Pilwakot merupakan ajang rakyat memilih pemimpinya secara demokratis, oleh karenanya PBB menyayangkan jikalau nanti hanya ada pasangan yang hanya diusung PDIP berhadapan dengan kotak kosong.

"Kalau hal ini terjadi artinya parpol di Kota Solo gagal dalam mengemban amanah rakyat yang sudah dituangkan dalam Undang - Undang. Parpol itu memiliki kewajiban memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, hal ini sangat memalukan, memalukan masyarakat Kota Solo sendiri," ujarnya.

Kepada masyarakat, kepada para pendukung parpol selain PDIP, Tri mengajak untuk ikut menyemarakkan Pilwakot Solo, dengan mewujudkan sebuah ajang pesta demokrasi yang bermartabat.

"Kepada Bapak FX Rudy Hadiyatmo selaku walikota yang secara otomatis menjadi pembina politik, kami harap bisa mengkonsolidasikan hal ini. Intinya dapat mewujudkan Solo yang bermartabat, Pilwakot yang bermartabat. Jangan biarkan ada Pilwakot dengan paslon bernama Kotak Kosong," tandasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis; Sapto Nugroho
Editor: Nuraini


Share this Article :