Rekomendasi

Polres Karanganyar Mulai Terapkan Tilang Elektronik

Sabtu, 07 Maret 2020 : 18.54
Published by Hariankota

KARANGANYAR - Satuan lalu lintas (Sat Lantas) Polres Karanganyar, sejak 24 Februari 2020 lalu, mulai menerapkan Elektronic Traffic Law Enforcemen (ETLE). Sistem  ini bekerja melalui kamera ETLE  yang terpasang dan  siap merekam sepeda motor yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan marka jalan, serta tidak menggunakan helm.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, melalui Kasat Lantas, AKP Dewi Endah Utami, kepada hariankota.commelalui telepon selularnya, Sabtu (07/03/2020) menyatakan, kamera ETLE ini baru terpasang di kecamatan Tasikmadu. 

Pemasangan di wilayah tasikmadu ini, ujar Kasaat lanatas, karena wilayah ini merupakan jalur ramai yang sering dilalui oleh pengguna jalan.

“ Untuk sementara, baru terpasang satu di wilayah Tasikmadu. Pemasangan Kamera ELTE ini kita lakaukan di Tasikmadu, selain ramai, juga rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” terang Kasat lantas.

Dijelaskan Kasat Lantas, kamera ETLE ini bekerja menangkap gambar kendaraan  serta  pelat nomor di lampu merah yang melakukan pelanggaran. 

Tangkapan gambar sepeda motor yang melakukan pelanggaran ini, kemduain dikirim ke pusat data yang ada di sat lantas Polres Karanganyar, untuk dilakukan verifikasi jenis pelanggaran yang dilakukan. Setalh terverifikasi, lanjut Kasat Lanatas, petugas membuat atau menerbitkan surat konfirmasi.

“ Surat konfirmasi itu, langsung kita kirim ke alamat pengguna sepda motor yang melakukan pelanggaran. Kita beri waktu satu minggu untuk konfirmasi, apakah akan akan membayar denda tilang atau tidak.  Jika tidak ada konfimasi, kita blokir, saat bayar pajak ada tunggakkan saat pelanggaran lalu lintas,” jelasnya.

Ditambahkannya, sejak kamera ETLE tersebut dipasang, sudah 24 pengendara sepeda motor yang terjaring.

“ Jenis pelanggaran yang sering terjadi marka jalan, atau melebihi marka, tidak pakai helm. Itu yang bisa terpantau,” pungkasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Kadek Arya Wiguna



Share this Article :