Rekomendasi

Rangkaian Upacara Nyepi Ditiadakan

Selasa, 24 Maret 2020 : 17.35
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Rangkaian upacara dalam rangka hari raya Nyepi di kabuaten Karanganyar, berbeda dari tahun sebelumnya. Berbagai rangakain upacara, seperti upacara Melasti, dan tawur agung ditiadakan. Hal ini untuk menghormati instruksimpemerintah agar kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, untuk sementara ditiadakan yang disebabkan meluasnya penyebaran Virus Corona.

Ketua Parisada Hindu Dharma Ngargoyoso, Priyanto, Selasa (24/03/2020) menjelaskan, upacara Melasti yang seharusnya dilaksanakan tiga hari sebelum Nyepi, ditiadakan. Demikian halnya dengan upacara Tawur Kesongo.

“ Kita sebenarnya sudah melakukan berbagai persiapan. Untuk menghormati keputusan pemerintah, rangkaian tersebut tidak kita laksanakan. Upacara Melasti, kita serahkan ke masing-masing Pura. Untuk upacara Tawur Agung yang seharusnya kita laksanakan pada hari Selasa (24/03/2020), kami masih mengindahkan keputusan pmerintah.  Kita tidak mengundang warga, tapi ada warga yang datang sendiri, tapi tidak semua datang,” ujarnya.

Priyanto mengungkapkan, rangakaian upacara menjelang Nyepi tahun 2020 ini, ummat manusia harus lebih banyak merenung dan instropeksi diri. Terutama ditengah mewabahnya Virus Corona.

“ Semua harus diselaraskan. Harus ada penyadaran makhluk. Kita harus istirahat.  Suasana hati jadi tentram,  lingkungan jadi aman, atmosfir jadi murni.  Virus Corona ini musibah, kita harus bisa mengambil hikmah dibalik musibah ini. Instropeksi diri, jangan hiruk pikuk keluar. Kita haraus menarik diri ke dalam keheningan. Karena dalam keheningan itu, kita menemukan Tuhan,” jelasnya.

Jurnalistik : Iwan Iswanda
Editor : Mahardika

Share this Article :