Rekomendasi

Regulasi Pusat Soal Penyaluran Air Bersih dari Karian, PT. PITS: Ngga Cukup

Senin, 09 Maret 2020 : 20.14
Published by Hariankota
TANGSEL - Pemerintah Pusat telah menentukan penyaluran air bersih yang berasal dari Waduk Karian, Lebak, Banten. Waduk tersebut diharapkan dapat menyalurkan kebutuhan air bersih ke seluruh Tangerang Raya, Serang, Lebak dan DKI Jakarta.

Namun, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) menyatakan bahwa debit air yang disalurkan dari Waduk Karian tidak dapat mencukupi kebutuhan air bersih di Tangsel.

"Ngga cukup kata mereka. Dari Waduk Karian itu hanya mampu memenuhi kebutuhan 600 m3 per detik ke Tangsel. Kebutuhannya sendiri 2600 m3," kata Anggota Komisi 3 dari Fraksi Demokrat, Wawan Syakir usai jejak pendapat bersama PT. PITS, Senin (9/3/2020).

Wawan menuturkan, saat jejak pendapat bersama BUMD tersebut, pihaknya diminta untuk membuat regulasi agar PT. PITS dapat memperoleh aset guna mengelola air dari Kali Cisadane, selain Kali Angke yang Saluran Penyediaan Air Minum (SPAM)nya sedang dalam pengerjaan.

"Iya tadi mereka juga minta kami (Legislatif) membuat regulasi aset-aset Kali Cisadane bisa diambil sama Tangsel. Karena kali ini kan lewat Tangsel juga. Sedang kami rundingkan untuk regulasi itu," tambah Wawan.

"Saat ini, sodetan air baku dari Kali Angke itu cuma bisa memenuhi 200 m3 untuk warga. Jadi tetap kurang, walaupun ditambah dengan air dari Waduk Karian, jadi mereka minta regulasi agar mereka (PT. PITS) bisa mengelola air Kali Cisadane. Karena debit air 2700 m3 per detik. Jadi itu berpengaruh juga pada harga air curahnya," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama PT. PITS Dudung Direja mengatakan tidak ada permintaan regulasi untuk aset-aset pengelolaan air Kali Cisadane terhadap pemerintahan daerah.

"Engga ada (permohonan untuk mengelola aset air dari Kali Cisadane) bang," pungkas Dudung.

Reporter : Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Mahardika

Share this Article :