Rekomendasi

Ribuan Personil Gabungan Amankan Pilkades Serentak Karanganyar

Jumat, 06 Maret 2020 : 11.32
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebanyak 1200 personil gabungan yang teriri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP dan perlindungan masyarakat (Linmas) akan dilibatkan dalam pengamanan peilihan kepala desa (Pilkades) serentak di  7 desa yang akan berlangsung pada tanggal 11 Maret 2020 mendatang.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, kepada hariankota.com, usai gelar pasukan pengamanan Pilkades  di halaman kantor bupati, Jumat  (06/03/2020), menjelaskan persiapan pengamanan Pilkades diawali dengan  rapat koordinasi antara TNI, Polri, Pemkab Karanganyar. 

Pada prinsipnya, ujar Kapolres, menjelang pelaksanaan Pilkades, situasi dan kondisi daerah yang akan melaksanakan, kondusif. Petuugas kpkeamanan gabungan, lanjut Kapolres, nantinya akan ditempatkan di masing-masing tempat pemungutan suara, dan akan diterjunkan satu hari menjelang pelaksanaan Pilkades.

“  Ribuan personil pengamanan gabungan ini, akan kita sebar di tujuh desa yang akan menggelar pilkades. Pengamanan akan dimulai sehari menjelanag pelaksanaan Pilkades, hingga  satu hari setelah pelaksanaan,” jelas kapolres.

Mengenai pola pengamanan yang akan dilakukan, Kapolres mengungkapkan, dengan  menerapkan sistem kluster dan sistem rayon. Dimana Polsek terdekat akan membantu pengamanan wilayah yang melaksnakan Pilkades, serta membagi dua wilayah pengamanan.

“ Pasukan BKO juga sudah kita siapkan. Kita harapkan para pendukung dapat mengendalikan diri. Siapapun yang menang, itu pilihan masyarakat. Itulah demokrasi,” kata Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, untuk mengantisipai para botoh  (petaruh, red), pihakanya akan menerjunkan satuan tugas khsusus.

“ Antisipasi terhadap para petaruh. Kita sudah sosialisasikan dan akan menerjunkan satuan tugas. Kita tetap mengambil tindakan tegas kepada siapapun, termasuk kepada para petaruh,” tandasnya.

 Sementara itu, bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyatakan, seluruh tahapan dan persiapan Pilkades telah selesai dan tinggal menunggu pemungutan suara (pencoblosan, red).

“ Persiapan sudah sempurna. Semoga kondusf dan berjalan lancar. Ini prosss biasa, masyarakat sudah biasa ikut Pilkades. Dan yang perlu saya tegaskan, dalam Pilkades ini, yang menang hanya satu.Bagi yang menang jangan jumawa, yang kalah jangan membuat kisruh, jangan memprovokasi. Ciptkan Suasana kondusif,” tegas bupati

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi
 


Share this Article :