Rekomendasi

Sepuluh Orang Kontak dengan Pasien Positif Corona yang Dinyatakan Sembuh

Selasa, 24 Maret 2020 : 19.30
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Tim Satgas Covid-19 Kota Malang menemukan dua orang lainnya yang melakukan kontak erat dengan pasien positif corona, yang kini telah dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Tim Satgas Corona Kota Malang Husnul Muarif mengatakan berdasarkan penelusuran timnya, selain delapan orang yang dinyatakan kontak erat dengan mahasiswa Universitas Brawijaya positif corona.

"Sementara dilakukan kontak eratnya, satu yang berada di dalam satu rumah kita kontak tracking. Sudah dapatkan sekitar delapan orang," ungkap Husnul saat dihubungi, Selasa (24/3/2020).

Husnul menambahkan mahasiswa yang sempat dinyatakan positif corona itu tak banyak memiliki riwayat kontak dengan orang lain, lantaran ia sendiri tengah melakukan pengerjaan skripsi.

"Di kampus, karena kebetulan pas itu dia masa - masa skripsi karena jarang ke kampus jadi di kampus kita dapatkan dua orang. Yang sudah pernah kontak erat," jelasnya.

"Dua orang ini dari mana belum jelas, cuma laporannya begitu," imbuhnya.

Pihaknya menambahkan kondisi sepuluh orang yang sempat kontak langsung dengan pasien yang sempat dinyatakan positif corona, dalam keadaan sehat dan tak mengalami keluhan kesehatan apapun.

"Dari tahapan, akan dilakukan pemeriksaan. Tapi mereka sehat, bukan ODP (Orang Dalam Pemantauan), karena tidak ada keluhan, sepuluh orang sejauh ini sehat. Tapi masuk ODR (Orang dengan Resiko) karena sudah pernah kontak dengan penderita yang positif Covid-19," paparnya.

Ia meminta delapan orang yang berada di satu rumah dengan pasien positif corona yang telah sembuh untuk tetap menjaga jarak minimal satu meter.

"Prinsip tetap sosial distance tetap diberlakukan, kedua yang bersangkutan untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Kita sampaikan ke temannya, supaya tidak berkontak dengan yang bersangkutan. Kalau berkontak jaga jarak satu meter. Kita sampaikan juga asupan makannya," tukasnya.

Sebagaimana diberitakan, satu orang pasien positif corona di Kota Malang dinyatakan telah sembuh dan dipulangkan dari RSUD Saiful Anwar. Pasien tersebut merupakan salah seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.


Reporter: Miadaada
Penulis: Miadaada
Editor: Kadek Arya Wiguna


Share this Article :