Rekomendasi

Serius Karantina ODP Covid-19, Walikota Solo Siapkan Anggaran Rp 49 Miliar

Selasa, 31 Maret 2020 : 17.04
Published by Hariankota
SOLO - Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, telah menyiapkan anggaran total senilai Rp 49 miliar untuk penanganan wabah virus korona atau Covid-19. Anggaran sebanyak itu sudah disampaikan ke DPRD Kota Solo.

Informasi yang didapat hariankota.com penggunaan anggaran diantaranya untuk penanganan karantina warga dan pemudik yang diklasifikasikan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan RSUD Bung Karno di Ngipang, Mojosongo yang disulap menjadi RS khusus korona serta 3 gedung yang disiapkan untuk karantina.

"Anggaran akan digunakan selama masa tanggap darurat hingga bulan Juni," terang Walikota yang familiar dengan kumis tebalnya ini, Selasa (31/3/2020).

Rudy meminta kepada masyarakat (yang masuk ODP) tidak perlu khawatir. Pemkot Solo telah memikirkan untuk mensuplai kebutuhan pokok bagi sekira 40 ribu KK (kepala keluarga).

"Per KK nanti (dapat) Rp.250 ribu, yang isinya sembako, nanti kita bagi 2 kali," paparnya.

Menyinggung persiapan 3 gedung tempat karantina, yakni di Graha Wisata, Ndalem Joyokusuman dan Ndalem Priyosuhartan, Rudy mengatakan saat ini sudah dimulai.

"Perkiraan 3 hari kedepan ketiga tempat itu sudah siap. Kami akan meminjam tempat tidur untuk warga yang dikarantina ke, PMI, unsur TNI dan Polri," ucapnya.

Agar ODP yang dikarantina tidak jenuh, oleh Rudy disebutkan bisa berolahraga, berkesenian atau kegiatan lain sepanjang tidak keluar dari lokasi karantina.

Disisi lain, bagi pemudik yang tidak mau dikarantina, Rudy mengaku akan melakukan upaya pendekatan bekerjasama dengan instansi lain, yakni TNI dan Polri.

"Kami melibatkan TNI, Polri. Bukannya mau menakut-nakuti, namun harus dipaksa untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona. Kami tahu yang datang itu mesti sehat, namun siapa tahu kalau tertempel virus," tegasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo membenarkan bahwa pihaknya bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Solo menyetujui anggaran penanganan wabah virus korona senilai Rp 49 miliar bersumber APBD 2020.

"Peruntukkannya untuk persiapan lokasi karantina di eks rumah Joko Susilo (Ndalem Priyosuhartan) dan Dalem Joyokusuman. Selain itu, juga persiapan lokasi karantina bagi warga pendatang, termasuk pemudik di Graha Wisata Niaga," tandasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :